H. Zukri Resmikan Festival Patin Kualo Jadi Ikon Wisata Perikanan di Kabupaten Pelalawan

- Kamis, 15 September 2022 | 16:43 WIB
Bupati Pelalawan, H. Zukri (Diskominfo Pelalawan)
Bupati Pelalawan, H. Zukri (Diskominfo Pelalawan)

HALUANRIAU.CO, PELALAWAN - Bupati Pelalawan, H Zukri membuka secara resmi acara perlombaan Festival menangkap Patin Kualo dan menjadi agenda rutin wisata Perikanan di Kabupaten Pelalawan setiap tahunnya, Rabu (14/9/2022) Kecamatan Teluk Meranti.

H. Zukri menyampaikan dengan adanya perlombaan festival menangkap ikan Patin Kualo ini, tentu dengan harapan bisa memberikan pesan dan kesana kepada khalayak ramai, bagaimana tentang cara menangkap ikan Patin dan melestarikannya, ikan Patin Kualo ini merupakan jenis ikan sungai yang bisa mencapai berat puluhan kilo.

"Festival perlombaan menangkap ikan Patin Kualo ini merupakan pertama kalinya di adakan dan harus bisa menjadi contoh melestarikan jenis ikan Patin Kualo. Untuk melestarikan budidaya jenis ikan Patin Kualo ini tentu Dinas Perikanan Kabupaten Pelalawan harus menyiapkan konsep perikanan untuk pengembangan ikan Patin Kualo ini," imbuh Bupati.

Bupati menambahkan, melihat Kabupaten Pelalawan yang merupakan daerah memiliki banyak aliran sungai, potensi Perikanan ini harus betul-betul dikembangkan. Potensi Perikanan ini nantinya bisa menjadi ciri khas Pelalawan. Pemerintah nanti melalui dinas perikanan dan kelautan akan melakukan penelitian tentang jenis ikan Patin Kualo ini, apakah jenis ikan Patin Kualo ini bisa untuk dilakukan pemijahan atau pembibitan.

Harapan kedepannya ikan Patin Kualo ini betul betul bisa dibudidayakan, tentu akan bisa menopang perekonomian para nelayan dan ikan Patin Kualo ini bisa dinikmati terus oleh masyarakat, serta menjadi Ikon wisata Perikanan Kabupaten Pelalawan.

Di akhir sambutan Bupati Pelalawan menyampaikan harapan dengan adanya kegiatan festival menangkap ikan Patin Kualo ini harus dilakukan setiap tahunnya dan menjadi agenda wisata Perikanan di Kabupaten Pelalawan.

(Raf)

Baca Juga: Kunker Kanim Selatpanjang, Staf Khusus Menkumham: Jangan Menari-nari Diatas Penderitaan Orang Lain

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Musim Mas Bangun Jembatan di Desa Talau

Senin, 28 November 2022 | 16:33 WIB

H. Abdullah tanggapi Seleksi Penerimaan Calon PPPK

Jumat, 25 November 2022 | 15:13 WIB
X