Kamis Kemarin, Karutan Pekanbaru Ikut FGD Bahas Peredaran Handphone dan Narkoba

- Sabtu, 24 Juli 2021 | 22:45 WIB
Kanwil Kemenkumham Riau melaksanakan FGD
Kanwil Kemenkumham Riau melaksanakan FGD

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Peredaran handphone dan narkotika masih menjadi persoalan di lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan negara di Provinsi Riau. Termasuk di Rutan Kelas I Pekanbaru.

Hal ini menjadi salah satu pembahasan dalam Focus Group Discussion (FGD) bersama Kepala Divisi Pemasyarakatan di ruang serba guna Ismail Saleh Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Riau. Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis (22/7) kemarin itu.

Saat itu, seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan (UPT), termasuk Kepala Rutan Pekanbaru, M Lukman. Selain itu, seluruh Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) dan Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (KPR) di Riau turut ambil bagian dalam acara tersebut.

Kegiatan FGD Bidang Keamanan dibuka secara resmi oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Pujo Harinto.

Dalam sambutannya, Kakanwil menyampaikan bahwa kegiatan FGD ini bertujuan untuk menciptakan rasa keamanan dan ketertiban yang kondusif. Dimana jika dalam suatu organisasi tidak tercipta rasa aman atau terjadi gangguan keamanan, maka akan berpengaruh pada seluruh aspek.

"Pembinaan tidak akan terlaksana dengan efektif. Begitu juga dengan perawatan dan pelayanan terhadap WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan,red) lainnya bilamana ada gangguan keamanan dan ketertiban," ujar Pujo saat itu.

Sementara itu, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Maulidi Hilal menegaskan, Kepala UPT dan KPLP serta Kepala KPR harus lebih tegas lagi dalam menyikapi gejala gangguan keamanan dan ketertiban. Mereka juga harus cepat tanggap dalam menangani masalah gangguan keamanan ketertiban yang muncul sebagai upaya deteksi dini.

"Lebih baik memperbaiki sarana keamanan sebelum terjadi gangguan keamanan dan ketertiban. Bukan menunggu kejadian, setelah itu baru bisa memperbaiki," ungkap Maulidi Hilal.

Pada kesempatan itu, M Hilal juga menyampaikan tentang masih adanya peredaran handphone dan narkoba di lapas dan rutan. Hal ini menjadi perhatian serius pihaknya.

Dirinya, kata M Hilal, telah memerintahkan kepada para Kepala UPT dan KPLP serta Kepala KPR untuk mengambil tindakan tegas bagi oknum petugas yang masih mencoba menyelundupkan handphone.

Menurut dia, menyelundupkan handphone sama dengan menyelundupkan narkoba.

Halaman:

Editor: Dodi Ferdian

Tags

Terkini

Dua Minggu ke Depan Pekanbaru Targetkan PPKM Level 1

Kamis, 23 September 2021 | 15:47 WIB

Menuju Herd Immunity, UNRI Vaksinasi 3.000 Peserta

Rabu, 22 September 2021 | 20:28 WIB
X