Diskominfotik Meranti Gelar Launching dan Sosialisasi TTE, Bupati: Penting untuk Keamanan Dokumen Pemerintah

- Selasa, 13 September 2022 | 11:46 WIB
 (Nurokhim/HRC)
(Nurokhim/HRC)

HALUANRIAU.CO, MERANTI - Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfotik) Kabupaten Kepulauan Meranti gelar Launching dan Sosialisasi penggunaan Tanda Tangan Elektronik (TTE) di Gedung Hijau Kantor Bupati, Selasa (13/9/2022).

Kegiatan dibuka langsung oleh Bupati Kepulauan Meranti, H. Muhammad Adil. Bupati menegaskan bahwa kegiatan ini penting dan harus menjadi peningkatan keamanan informasi kepemerintahan di lingkungan Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Kegiatan ini penting kita laksanakan, guna meningkatkan kesadaran akan pentingnya penerapan teknologi informasi bagi Pemerintah khususnya bagi OPD dan ASN untuk membangun pemahaman penyelenggaraan sistem elektronik (e-government) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti," ucapnya.

Bupati Adil juga mengapresiasi terselenggaranya kegiatan Launching dan Sosialisasi Tanda Tangan Elektronik.

"Kegiatan ini merupakan langkah awal kita dalam penerapan penggunaan Tanda Tangan Elektronik maupun Sertifikat Elektronik di Kabupaten Kepulauan Meranti dan tentunya Pemerintah senantiasa mendorong pelayanan publik yang lebih efektif dan efisien di Kabupaten Kepulauan Meranti ini," tambahnya lagi.

Baca Juga: Kasus Temuan Jasad PNS di Basemen DPRD Riau, Jumlah Saksi Terus Bertambah

Berdasarkan Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) serta Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik, Tanda Tangan Elektronik (TTE) merupakan tanda tangan yang terdiri atas informasi elektronik yang diletakkan dan digunakan sebagai alat verifikasi dan autentifikasi.

Pada pasal 5 ayat 1 UU ITE juga menyebutkan bahwa informasi elektrtonik dan/atau hasil cetaknya merupakan alat bukti yang sah dimata hukum. Fungsi Tanda tangan Elektronik (TTE) adalah untuk menggantikan tanda tangan basah pada dokumen elektronik, karena tanda tangan basah itu sendiri tidak dapat memberikan kekuatan hukum pada dokumen elektronik.

Tidak sampai disitu, Adil berharap Inovasi dan pemanfaatan teknologi informasi bisa menjadi kunci menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik, efektif dan efisien, sesuai dengan visi misi poin ke-6 Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan bertanggung jawab serta memberikan layanan prima. Seperti yang dapat kita rasakan saat ini, hanya untuk menandatangani sebuah surat kedinasan bisa memerlukan waktu cukup lama. Hal klasik ini disebabkan penandatanganan surat harus dilakukan secara langsung, tentunya akan menyulitkan dan tidak efektif dan efisien baik dari sisi waktu dan biaya," tambah Bupati.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bupati Meranti Tandatangani KUA PPAS 2023

Kamis, 17 November 2022 | 12:03 WIB
X