Kunker ke Rohil, Danrem 031 Wira Bima Terima Gelar Adat Datuk Panglimo Lelo Mudo dari LAM Rohil

- Rabu, 7 September 2022 | 15:17 WIB
 (Jhoni/HRC)
(Jhoni/HRC)

HALUANRIAU.CO, BAGANSIAPIAPI - Danrem 031 Wirabima, Brigjend TNI Parlindungan Hutagalung menerima gelar adat dari Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Adapun gelar yang diberikan kepada Danrem 031 Wirabima adalah Datuk Panglimo Lelo Mudo yang berarti pelindung atau perisai.

Penabalan gelar adat tersebut dilakukan Pemda Rohil saat kunjungan perdana Danrem 031 Wirabima ke Kabupaten Rohil bersama ketua Persit KCK Korcab Rem 031 Wirabima Mira Parlindungan dan rombongan, Rabu (7/9/2022).

Kehadirannya Danrem bersama rombongan disambut Bupati Rohil, Afrizal Sintong di taman Budaya bersama Wabup, H Sulaiman; Ketua DPRD, Maston; Dandim 0321 Rohil, Letkol Inf M Erfani; Kajari Rohil, Yuliarni Appy; Kapolres Rohil, AKBP Andrian Pramudianto; Kajari Rohil, Yuliarni Appy beserta jajaran Forkopimda, tokoh masyarakat, tokoh adat dan lintas organisasi.

Usai disambut di taman budaya Batu Enam, selanjutnya disambut di depan rumah dinas Bupati Rohil dengan prosesi penyambutan Melayu. Seterusnya dilanjutkan dengan prosesi penabalan gelar adat oleh LAMR Rohil dan diakhiri dengan tepung tepung tawar.

Bupati Rohil Afrizal Sintong dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada Danrem di Kabupaten Rohi. Dimana kata Bupati, Kabupaten Rohil khususnya Bagaimana memiliki banyak historis dan merupakan kota tertua serta pernah menjadi penghasil ikan nomor dua terbesar di Dunia.

Bupati juga menyampaikan sekilas kondisi dan wilayah Kabupaten Rohil diantaranya memiliki 18 Kecamatan, 176 Kepenghuluan serta memiliki pulau terluar dan berbagai cagar alam.

"Tentunya kita juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada majelis tinggi kerapatan adat Rohil yang telah memberi gelar kepada Danrem 031 Wirabima dengan gelar Datuk Panglimo Lelo Mudo," kata Bupati.

Baca Juga: Sang Koruptor, Mantan Bupati Bengkalis Amril Mukminin Bebas Bersyarat

Pemberian gelar ini lanjut Bupati juga sebagai bentuk penghargaan, penghormatan kepada Danrem yang baru bertugas sebagai Komandan Korem 031 Wirabima dan baru perdana melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Rohil.

Danrem 031 Wirabima Brigjend TNI Parlindungan Hutagalung S.A.P dalam sambutannya mengaku sangat bangga dan berbahagia karena mendapat kehormatan dari lembaga adat Melayu Riau Kabupaten Rohil yang telah menganugerahkan gelar kehormatan Datuk Lelo Mudo.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X