Gugatan Prapid PT Duta Palma Group Gugur

- Selasa, 6 September 2022 | 23:14 WIB
perkebunan sawit PT Duta Palma Group yang telah disita Kejaksaan Agung
perkebunan sawit PT Duta Palma Group yang telah disita Kejaksaan Agung

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru tidak melanjutkan persidangan gugatan praperadilan yang diajukan oleh lima anak perusahaan pada PT Duta Palma Group. Gugatan tersebut dinyatakan gugur, karena pokok perkara tersebut sudah masuk ke Pengadilan Tipikor pada PN Jakarta Pusat dan segera disidangkan.

"Menyatakan permohonan Praperadilan Pemohon tersebut gugur," ujar hakim  praperadilan, Salomo Ginting, Selasa
(6/9).

Gugatan praperadilan dilayangkan lima anak perusahaan PT Duta Palma Group ke PN Pekanbaru. Yakni,  PT Palma Satu, PT Panca Agro Lestari, PT Seberida Subur, PT Banyu Bening Utama, dan PT Kencana Amal Tani.

Sementara, pihak Termohon yakni Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda  Tindak Pidana Khusus (JAM Pidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung) Republik Indonesia.

Lima anak perusahaan  itu melakukan perlawanan atas penyitaan dan penggeledahan yang dilakukan Kejagung terkait penyidikan dugaan korupsi dalam kegiatan penerbitan izin lokasi dan izin usaha perkebunan di perusahaan tersebut.

Sidang perdana gugatan praperadilan ini digelar pada Senin (5/9) kemarin. Adapun agendanya adalah pembacaan permohonan dari Pemohon, disusul jawaban dari Termohon.

Baca Juga: Secara Virtual Bupati Kepulauan Meranti Buka Latsar CPNS Gol III dan II Formasi Tahun 2019

Dalam jawabannya, Jaksa dari Kejagung meminta hakim praperadilan menyatakan praperadilan gugur. Pasalnya, perkara pokok sudah dilimpahkan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) ke PN Jakarta Pusat.

"Kami menyampaikan tiga eksepsi atau keberatan atas permohonan Pemohon dan dua pokok permohonan," kata jaksa Arjuna pada sidang yang digelar Senin kemarin.

Tiga eksepsi itu adalah, pertama  Pengadilan Negeri Pekanbaru tidak berwenang untuk memeriksa praperadilan, kedua, Pemohon tidak memiliki kedudukan hukum atau legal standing dan ketiga  perkara praperadilan ini gugur karena
pokok perkara  telah dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tahun Ini, Pemko Pekanbaru Bakal Bangun Dua SMP Negeri

Selasa, 24 Januari 2023 | 13:47 WIB
X