1.656 Stok Vaksin Jenis Pfizer Akan Kedaluwarsa Akhir September ini, Dinkes Kampar Gencarkan Vaksinasi

- Selasa, 6 September 2022 | 10:24 WIB
Kepala Dinas Kesehatan Kampar, dr. Zulhendra Das'at.
Kepala Dinas Kesehatan Kampar, dr. Zulhendra Das'at.



HALUANRIAU.CO, KAMPAR - Sebanyak 1.656 stok vaksin jenis Pfizer yang kini ada di Kabupaten Kampar akan kedaluwarsa pada akhir September 2022. Adapun stok vaksin covid-19 yang tersedia saat ini sebanyak 15.422 dosis.

"Stok vaksin Covid-19 hari ini tersedia 15.442 dosis. Masa expired terdekat tanggal 30 September vaksin Pfizer 1.656 dosis," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar, Zulhendra Das'at saat dihubungi, Senin (5/9).

Zulhendra mengatakan untuk mengantisivasi hal itu pihaknya saat ini tengah gencar melakukan vaksinisasi terutama vaksin booster. Kegiatan itu lanjut dia, dipusatkan di seluruh Puskesmas dan tempat-tempat keramaian.

"Masih, terutama booster kita giatkan sekarang di semua Puskesmas dan tempat-tempat keramaian," kata Zulhendra.

Baca Juga: Dari Hasil Kinerja BRK Syariah, Laba Hingga Akhir Agustus Mencapai Rp300 Miliar

Pada akhir Agustus 2022 kemarin Kadiskes Kampar manargetkan capain vaksin Booster III mencapai angak 30 persen. Namun berdasarkan data yang diterima dari Dinkes Kampar saat ini vaksin Booster III baru mencapai angka 25.56 persen.

Hal ini kata Zulhendra disebabkan pada akhir bulan Agustus 2022 kemarin ada kekurangan stok vaksin.

"Saat ini kita tidak menemukan kendala yang berarti, hanya saja diakhir bulan Agustus kemarin kita sempat kekurangan stock vaksin karna stock vaksin di Provinsi kosong," kata Zulhendra.

Upaya Dinkes Kampar dalam menyukseskan program vaksinasi ini sebut dia, untuk tidak terjadi lagi kekosongan stok vaksin. Ia telah melakukan langkah agar stok vaksin tetap terpenuhi dengan cara meminta langsung vaksin ke Kemenkes melalui Dirjen P2P.

"Langkah - langkah yang kita lakukan adalah mengupayakan bagaimana terpenuhinya stock vaksi. Kita telah menyampaikan permintaan vaksin langsung ke Kemenkes melalui Dirjen P2P. Alhamdulillah tanggal 1 September kemarin, kita telah menerima 93.600 dosis vaksin Pfizer yang langsung dialokasi oleh Kemenkes untuk Kabupaten Kampar," terangnya.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X