Kejaksaan Negeri Kampar Berikan Pelayanan Antar Barang Bukti Gratis ke Masyarakat

- Senin, 19 Juli 2021 | 20:20 WIB
Proses pengantaran barang bukti ke rumah warga oleh pihak Kejari Kampar
Proses pengantaran barang bukti ke rumah warga oleh pihak Kejari Kampar

HALUANRIAU.CO, KAMPAR - Kejaksaan Negeri Kampar berikan pelayanan prima kepada masyarakat, adapun pelayanan prima yang dimaksud yaitu layanan antar barang bukti door to door ke ruamah. Jadi masyarakat tidak perlu repot - repot lagi mengambil barang miliknya yang dijadikan barang bukti suatu perkara.

Barang bukti perkara yang telah memiliki kekuatan hukum tetap atau inkracht di pengadilan, tidak perlu dijemput lagi ke kantor kejaksaan negeri setempat.

Saat ini, korps Adhyaksa itu menyediakan layanan antar barang bukti perkara secara langsung ke rumah warga secara gratis.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Arif Budiman, melalui Kepala Seksi Barang Bukti (Kasi PB3R) Budi Setia Mulya menyampaikan, untuk menikmati layanan itu ada dokumen dan formulir yang harus diisi.

"Salah satu syaratnya, barang bukti itu sudah berstatus inkracht di Pengadilan. Apabila sudah, masyarakat bisa menyerahkan dokumen ke PTSP kita dan mengisi formulir, kemudian akan ditawarkan untuk pengantaran barang bukti," kata Budi Setia Mulya.

Disebutkan juga oleh Budi, untuk mengetahui status dan pengambilan barang bukti, masyarakat dapat menghubungi nomor Call Center di nomor 082172376800 dengan format foto bukti kepemilikan, foto KTP dan data perkara.

"Bisa langsung dihubungi via WhatsApp, nanti akan ada operator yang mengarahkan," kata mantan Kasubsi Prapenuntutan pada Seksi Pidana Umum (Pidum) Kejari Jakarta Barat itu.

Lanjut dia, layanan antar barang bukti door to door itu merupakan salah satu inovasi layanan prima Kejaksaan Negeri Kampar, untuk memberikan akses kemudahan bagi masyarakat.

"Ini kami lakukan agar lebih dekat dengan masyarakat, nanti temen-temen bagian seksi barang bukti dan rampasan akan mengantarkan kerumah pemilihnya. Masyarakat cukup mengirimkan pesa melalui nomor yang telah disediakan dengan format mencantumkan nama terdakwa, nama pemohon lalu tulis jenis barang yang diambil," ucap Budi Setia Mulya.

"Setelah itu kami proses dan secepatnya kami kirim sesuai alamat pemohon, semuanya gratis. Selain tujuan progaram ini agar jaksa dekat dengan masyarakat juga menghindari terjadinya pungutan liar (Pungli). Jika ada informasi membayar silahkan masyarakat melaporkan ke Kejari Kampar, nanti akan kita proses," pungkasnya.

Halaman:

Editor: Eka Buana Putra

Sumber: Reporter: Amri

Terkini

Idul Fitri di Lapas Kelas IIA Bangkinang

Kamis, 13 Mei 2021 | 14:11 WIB
X