Majukan UMKM Tenun Riau, Mahasiswa UMRI Survey Pengrajin Songket

- Rabu, 14 Juli 2021 | 13:43 WIB
Mahasiswa UMRI melakukan survey di Winda Songket Riau
Mahasiswa UMRI melakukan survey di Winda Songket Riau

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Kota Madani, itulah sebutan dari Kota Pekanbaru. Kota yang banyak memiliki ciri khasnya mulai dari makanan, kesenian, sampai dengan kerajinan dibidang fashion.

Kota Pekanbaru terkenal dengan kerajinan tangannya, salah satunya 'Kain Tenun'. Kain tenun merupakan kebanggaan suku Melayu Riau yang sangat bernilai estetika.

Saat ini, Mahasiswa Muhammadiyah Riau telah melakukan survey disalah satu tempat UMKM pembuatan kain tenun yang 'Winda Songket Riau', yang beralamatkan di Jalan Inpres, Gang Iklas 1, Kelurahan Maharatu, Kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Mahasiswa yang beranggotakan Dinda Nur Fahira, Efa Agustina, Wella Rosa Lina, dan Candra Laksamana merupakan Mahasiswa semester 6 dari program studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Dimana dosen pengampu mata kuliah Sistem Pengendalian Manajemen yaitu Ibu Intan Putri Azhari,SE., M.Acc.

Tujuan diadakannya survey atau penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kinerja karyawan perusahaan dalam menjalankan usahanya. Penelitian ini sekaligus untuk dijadikan pembelajaran bagi mahasiswa untuk bekal dimasa yang akan datang apabila akan membuka usaha di bidang yang sama ataupun berbeda.

Winda Songket Riau adalah usaha yang bergerak dibidang fashion. Usaha ini dipimpin oleh Winda, ia memiliki 40 orang karyawan. Usaha ini buka pada pukul 08:00 WIB dan tutup pada pukul 17:00 WIB. Winda Songet Riau ini tidak hanya membuat bakal kain saja, tetapi bisa membuat baju, tanjak dan selempang.

Pembuatan tenun tergantung dengan permintaan customer. Untuk pembuatan satu kain songket ini membutuhkan waktu lima hari sampai dengan 1 bulan dan harga yang ditawarkan beragam, dari Rp500.000 hingga Rp2.000.000 untuk satu kain songket, tergantung ukuran, motif, dan tingkat kesulitan cara pembuatannya.

Tenun Winda Songket Riau ini masih menggunakan alat tradisional dimana akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Menurut pemilik usaha Winda Songket Riau ini, karyawan sangat berperan penting dalam menunjang keberhasilan setiap usaha terutama usaha yang bergerak dibidang fashion.

Halaman:

Editor: Akmal

Terkini

Menparekraf: Penyemangat Kebangkitan Ekraf Riau

Senin, 5 Juli 2021 | 13:37 WIB
X