Sembilan Poktan di Inhil Terima Hand Traktor

- Senin, 19 Juli 2021 | 07:46 WIB
Penyerahan Hand Traktor kepada sembilan kelompok tani di Inhil..jpg
Penyerahan Hand Traktor kepada sembilan kelompok tani di Inhil..jpg

HALUANRIAU.CO, TEMBILAHAN-Sembilan Kelompok Tani (Poktan) di Kabupaten Indragiri Hilir, kembali mendapatkan bantuan alat pertanian dari pemerintah. Kali ini, bantuan berupa Hand Traktor yang diserahkan oleh Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Riau, Sabtu (17/7).

Atas bantuan tersebut, Poktan mengucapkan rasa syukur dan berterima kasih kepada wakil rakyat yang duduk di Komisi II DPRD Provinsi Riau Sulaiman dan James Pasaribu yang telah memperjuangkan aspirasi mereka hingga terealisasi.

"Kami sangat terbantu sekali dengan bantuan Hand Traktor ini. Karena selama ini Kelompok tani kami tidak punya, jadi menyewa ke lain," ungkap Ketua Poktan Karya Bakti Desa Bayas, Kecamatan Kempas, Nanang Rosidin usai penyerahan bantuan.

Nanang berharap bantuan pemerintah terus mengucur kepada Poktan, agar petani lebih maju dan hasil panennya menjadi lebih meningkatkan.

"Ada sekitar 30 hektar lahan yang dikelola 30 anggota Poktan Karya Bakti. Jadi kami berharap setidaknya ada 2 hand traktor, jadi masih kekurangan 1 lagi. Power Treshere atau mesin perontok padi paska panen juga tak ada. Semoga bisa dibantu lagi oleh pemerintah," harap Nanang.

Yuliatmi selaku Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Riau menjelaskan penyerahan bantuan ini berdasarkan usulan anggota DPRD Provinsi Riau, Sulaiman MZ SE M.Si

Ia menjelaskan Provinsi Riau saat ini baru 30 sampai 35 persen kebutuhan beras di Riau ini terpenuhi. Selebihnya beras didatangkan dari Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Jambi.

Sehingga dengan adanya bantuan alat-alat pertanian yang disaluran dan diupayakan oleh anggota DPRD Provinsi Riau dapat mempercepat penanaman.

"Jadi harapan kita bersama kelompok tani yang menerima alat- alat pertanian ini dapat mengoptimalkan penggunaan alat tersebut, karena kita akan menuju petani maju, mandiri, dan moderen yang didukung dengan alat pertanian," katanya.

Poktran juga minta merawat sehingga nilai ekonomisnya bisa bermanfaat hingga bertahun-tahun lamanya.

Halaman:

Editor: Eka Buana Putra

Tags

Terkini

Sembilan Poktan di Inhil Terima Hand Traktor

Senin, 19 Juli 2021 | 07:46 WIB

1,2 Juta Hektare Lahan Gambut Akan Direstorasi

Jumat, 23 April 2021 | 19:46 WIB

Setelah Vaksin Cocid-19, Ketua IWO Inhil Merasakan

Selasa, 2 Maret 2021 | 16:57 WIB
X