Dispersip Kampar Resmikan Pustaka Lentera Ilmu Desa Gunung Bungsu

- Senin, 19 Juli 2021 | 07:41 WIB
Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Pemerintah Daerah Kampar, Mahadi dan Kades Dedi Putera resmikan Perpustakaan Lentera Ilmu Desa Gunung Bungsu..jpg (Amri)
Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Pemerintah Daerah Kampar, Mahadi dan Kades Dedi Putera resmikan Perpustakaan Lentera Ilmu Desa Gunung Bungsu..jpg (Amri)

HALUANRIAU.CO, XIII KOTO KAMPAR-Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kampar Drs. Mahadi meresmikan Perpustakan Desa Gunung Bungsu yang diberi nama Pustaka Lentera Ilmu, Sabtu (17/7).

Dalam arahannya Mahadi mengharapkan perpustakan desa bisa memberi impact atau dampak kepada masyarakat sehingga juga bisa mendongkrak perekonomian masyarakat, seperti Perpustakaan Lentera Ilmu Desa Laboy Jaya Kecamatan Bangkinang yang meraih juara 1 ditingkat Provinsi Riau.

"Kehadiran perpustakan ini harus bisa memberi impact kepada masyarakat, misalnya jika masyarakat kita petani karet, maka perpustakan ini harus melengkapi buku tentang karet dan sebagainya, Perpustakaan Gunung Bungsu harus bisa seperti Perpustakaan Desa Laboy Jaya yang juara 1 tingkat Provinsi Riau," ungkap Mahadi.

Mantan Kadis Perhubungan Kampar ini juga menjelaskan bahwa dengan peresmian Perpustakan Lentera Ilmu Desa Gunung Bungsu, maka Kabupaten Kampar telah memiliki 58 Perpustakaan desa. Ia juga mengungkapkan lahirnya perpustakaan desa berdasarkan Undang-undang 43 Tahun 2017 tentang Perpustakaan Nasional bahwa perpustakaan sudah menjadi hal yang kokoh dalam memajukan harkat dan martabat Bangsa Indonesia.

"Berdasarkan undang-undang tentang perpustakaan itu maka lahirlah Perda dan Perbup tentang perpustakaan dan lahirnya perpustakaan desa, termasuk yang kita Resmikan hari ini, tak lepas dari semangat dari Kades yang terus datang ketempat kami untuk berkoordinasi," jelasnya.

Sementara itu, Kades Gunung Bungsu Ns. Dedi Putera berterimakasih kepada Kadis Perpustakaan dan jajaran serta Dinas Kebudayaan yang telah datang serta kepada semua pihak yang telah membantu terwujudnya perpuskaaan Desa Gunung Bungsu.

"Semoga kehadiran perpustakaan desa ini memberi dampak kepada masyarakat dan juga bisa mengurangi demam gudget pada anak-anak kita," ungkap Kades.

Dalam acara peresmian Pustaka Lentera Ilmu juga diramaikan dengan lomba permainan tradisional yang ditaja oleh Komite Permainan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) Kampar dan penyerahan buku dari Kasi Kebudayaan Dinas Pariwisata Kampar dan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Diniyah Pekanbaru.

Hadir dalam acara ini, Kadis Perpustakaan, Perwakilan Dinas Pariwisata, jajaran pengurus KPOTI Kampar, Civitas akademika STAI Diniyah Pekanbaru, Camat XIII Koto Kampar dan warga desa Gunung Bungsu, semua undangan yang hadir menerapkan protokol kesehatan.

Editor: Eka Buana Putra

Sumber: Reporter: Amri

Tags

Terkini

X