Keberatan Pengampunan Perambahan Hutan Kawasan, Abu Khoiri: Kerusakan Hutan di Riau Sudah Masif

- Rabu, 31 Agustus 2022 | 14:37 WIB
Anggota DPRD Riau Abu Khoiri
Anggota DPRD Riau Abu Khoiri

HALUANRIAU.CO, ROKANHILIR - Anggota DPRD Riau Abu Khoiri menyayangkan kebijakan KLHK terkait pengampunan perambahan hutan kawasan di Provinsi Riau terutama oleh korporasi.

“Kita tentu sangat keberatan dengan wacana kebijakan tersebut. Pasalnya, kerusakan hutan di Riau sudah sangat masif," ungkap Abu Khoiri kepada Haluanriau.co, Rabu (31/8/2022)

Dikatakan pria yang akrab disapa Aboi ini perambah hutan kawasan di Riau hampir di semua kawasan baik itu HPT, hutan konservasi, hutan lindung, taman nasional, taman hutan raya dan lain-lain yang sangat merusak ekosistem lingkungan di Riau sehingga mengakibatkan bencana alam dan hilangnya habitat hewan dan tumbuhan hutan serta menghilangkan sumber pencarian masyarakat lokal yang bergantung pada hutan.

 Baca Juga: Rehabilitasi Mangrove, Gubri Bersama BRGM Launching Program Kedai Kopi Riau

"Belum lagi kita bicara terkait konflik antara masyarakat umum maupun masyarakat adat atas pengelolaan kawasan oleh korporasi yang ada di Riau yang sudah mencuat dan berpotensi terjadi konflik horizontal serta menimbulkan kemiskinan secara massal dimasa mendatang," beber Aboi.

Oleh karena itu kata Aboi lagi kita minta pemerintah pusat KLHK dan DPRI mencermati secara serius dalam mengambil kebijakan karena dilapangan tidak sesederhana yang dibayangkan pemerintah pusat.

"Kita juga pertanyakan komitmen pemerintah pusat terkait pengelolaan lingkungan berkelanjutan yang selalu digaung2 kan.
Pada intinya kita menolak wacana kebijakan ini," tutur Aboi.

Lain halnya lanjut legislator asal Rohil ini bagi masyarakat yang membuka lahan untuk kebutuhan ekonomi mereka yang biasanya hanya 2 atau 4 Ha mungkin masih bisa di maklumi untuk meningkatkan nilai ekonomi keluarga mereka dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Riau khususnya dan Nasional umumnya.

Baca Juga: Ngaku Kenal Orang Dinas dan Raup Untung Belasan Juta, Seorang Calo Siswa SMK Diringkus

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X