Pemberian PMT Untuk Balita dan Ibu Hamil Sebagai Upaya Pencegahan Stunting di Tualang

- Jumat, 16 Juli 2021 | 18:53 WIB
Ny Rasidah Alfedri memberikan bantuan makanan tambahan guna mencregah Stunting di wilayah Tualang
Ny Rasidah Alfedri memberikan bantuan makanan tambahan guna mencregah Stunting di wilayah Tualang

HALUANRIAU.CO, SIAK-Stunting memiliki dampak yang sangat serius, yang dapat menyebabkan anak berbadan pendek, lemahnya kemampuan dalam berpikir dan berisiko sering terkena penyakit, sehingga penanggulangan memerlukan penanganan dengan melibatkan semua unsur terkait.

Rasidah Alfedri selaku ketua PKK Siak ingin anak-anak Kabupaten Siak bisa tumbuh sehat dan cerdas, sehingga kelak akan berguna untuk masyarakat, bangsa dan negara.

"Pencegahan stunting harus dilakukan secara gencar, agar semua bisa memahami apa itu stunting, dan bagaimana agar kita bisa mencegahnya. Sasarannya pun, jangan hanya para ibu, tetapi keluarga secara utuh, sehingga anak tumbuh sehat dan cerdas," jelas Rasidah, di aula Kelurahan Perawang, Kamis (15/7/2021).

Istri Bupati Alfedri ini menyampaikan, agar program penanggulangan dalam menurunkan angka stunting terealisasi, perlu adanya keterlibatan semua pihak.

Dikesempatan itu Rasidah menyalurkan Pemberian Makanan Tambahan untuk Kecamatan Tualang dan Minas tersebut merupakan bantuan dari TP PKK Provinsi Riau bekerjasama dengan PT RAPP.

Ia pun menyampaikan ucapan terimakasih kepada TP PKK Riau dan PT RAPP atas perhatiannya dalam rangka pencegahan stunting melalui pemberian makanan tambahan untuk balita dan ibu hamil.

"Terimakasih kami sampaikan kepada PKK Riau bersama PT RAPP atas bantuan PMT yang diberikan untuk balita dan ibu hamil di Kabupaten Siak," ucapnya.

Untuk Kecamatan Tualang yang menjadi lokus stunting, jumlah bantuan yang diberikan sebanyak 89 anak dan untuk ibu hamil sebanyak 21 orang. Sementara kecamatan Minas diserahkan bantuan PMT untuk balita sebanyak 94 paket dan untuk ibu hamil sebanyak 7 paket.

Rois Marsela selaku pemateri memaparkan bagaimana melakukan pencegahan stunting sejak dini. Yaitu dengan, memenuhi kebutuhan gizi sejak hamil, pemberian ASI eksklusif, memantau tumbuh kembang anak, dan selalu menjaga kebersihan lingkungan.

Ia jelaskan, tidak hanya pembiasaan PMT yang diberikan satu kali dalam 24 hari tetapi juga pola asuh yang baik dapat menekan angka stunting dengan pengawasan sebelum dan sesudah program PMT.

Halaman:

Editor: Eka Buana Putra

Sumber: rilis

Tags

Terkini

Bupati Siak Ingin Ada Kedai BRK di Kampung

Sabtu, 24 Juli 2021 | 10:28 WIB
X