Pj. Bupati Kampar Dampingi Wakil Presiden RI Melakukan Panen Perdana Pembibitan Sawit di Ponpes Teknologi Riau

- Kamis, 25 Agustus 2022 | 19:56 WIB
Potret Pj. Bupati Kampar (tengah hijau) sedang bersalaman dengan Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin (Amri/HRC)
Potret Pj. Bupati Kampar (tengah hijau) sedang bersalaman dengan Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin (Amri/HRC)

HALUANRIAU.CO, KAMPAR - Penjabat Bupati Kampar, Kamsol mendampingi Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H. Ma’ruf Amin saat melakukan panen perdana pembibitan sawit dan peninjauan lokasi pembibitan dalam kunjungan kerja ke Pondok Pesantren (Ponpes) Teknologi Riau di Desa Pangkalan Baru, Kecamatan Siak Hulu, Kamis (25/08/2022).

Dalam kegiatan itu hadir Gubernur Riau, Syamsuar; Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin; Danrem 013  Wira Bima, Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung; Forkopimda Riau, Para Bupati se-Provinsi Riau dan Tokoh Masyarakat serta Pelaku Usaha Persawitan Riau.

Wakil Presiden RI, K.H Ma'ruf Amin saat meninjau kegiatan Santripreneur Berbasis Sawit menyampaikan agar Pesantren yang berada di Daerah Penghasil Komoditi Sawit dapat berperan aktif dalam menggerakkan roda Perekonomian Daerah.

"Agar program ini dapat berhasil lebih maksimal, perlu dikembangkan kolaborasi dan kemitraan yang melibatkan tiga entitas yakni Pemerintah, baik Pusat maupun Daerah, Dunia Usaha dan Pesantren itu sendiri,” kata Wapres RI.

Sementara itu, Pj. Bupati Kampar pada kesempatannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada Wakil Presiden RI atas kunjungannya ke Kabupaten Kampar.

Baca Juga: Kejari Kampar Pindahkan 17 Tahanan ke Lapas Kelas IIA Bangkinang

"Kunjungan Wapres RI ke Ponpes ini dalam rangka menghadiri beberapa kegiatan, salah satu diantaranya adalah peninjauan kegiatan program Santripreneur Berbasis Sawit yang bekerja sama dengan Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO)," kata Kamsol yang juga menjabat Sekjen Umum Asosiasi Kabupaten Penghasil Sawit Seluruh Indonesia (AKPSI) itu.

"Dengan agenda panen perdana Pembibitan Sawit Santri, Penanaman Kecambah Sawit Hibrid bersama 100 Santri dan Pengenalan Teknologi proses Pengolahan Pabrik Minyak Makan Merah (M3)," sambungnya.

Dikatan Kamsol, untuk diketahui, Santripreneur adalah program yang didukung penuh oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) yang di launching oleh Wakil Presiden Republik Indonesia pada Oktober 2020 lalu.

"Ini sangat sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten Kampar dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat dari komoditi sawit beserta turunannya. Banyak peluang yang dapat membuka lapangan pekerjaan dan bernilai ekonomi dari pengelolaan hasil sawit dan turunannya. Kita banyak miliki Lahan Sawit dan banyak miliki Pondok Pesantren di Kampar yang siap mendukung Santripreneur," ujar Kamsol.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X