1.287 Warga Binaan Lapas Bangkinang Dapat Remisi HUT RI ke-77, Dua Orang Langsung Bebas

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 16:05 WIB
Pj Bupati Kampar bersama Kalapas Bangkinang Sutarno serahkan remisi pada warga binaan (Amri/HRC)
Pj Bupati Kampar bersama Kalapas Bangkinang Sutarno serahkan remisi pada warga binaan (Amri/HRC)

HALUANRIAU.CO, KAMPAR - Sebanyak 1.287 warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIA Bangkinang mendapat  pengurangan masa tahanan atau remisi  Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Republik Indonesia. Dua diantaranya langsung menghirup udara bebas.

Kalapas Kelas IIA Bangkinang, Sutarno mengatakan, warga binaan yang mendapat remisi telah memenuhi syarat yaitu berkelakuan baik. Kemudian sudah menjalani masa pidana minimal 6 bulan mampu mengikuti program pembinaan di dalam lapas.

"Jumlah yang menerima remisi umum sebanyak 1.287orang, terdiri dari RU 1 sebanyak 1.285 orang, RU 2 atau bebas 2 orang," kata Kalapas, Rabu (17/8).

Penyerahan remisi itu diberikan oleh Pj Bupati Kampar Kamsol didampingi Kalapas Bangkinang. Turut hadir dalam acara ini Ketua DPRD Kampar Faisal, Kapolres Kampar AKBP Didik Priyo Sambodo, Kejari Kampar Arif Budiman.

Kemudian Ketua Pengadilan Negeri Bangkinang I Dewa Gede Budhy Dharma Asmara, Dandim 0313/KPR Letkol ARH Mulyadi, Danyon 132/ Bima Sakti Letkol Inf Ahmad Fauzi dan Sekda Kampar Yusri beserta OPD dan jajaran yang bertugas dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kampar.

Baca Juga: Kota Pekanbaru Masuk Penilaian Adipura 2022

Dalam kata sambutannya kata Kalapas, ia menyampaikan kepada Pj Bupati Kampar bahwa lapas Bangkinang telah over kapasitas. Seharusnya kapasitas lapas bangkinang dihuni oleh 772 orang, namun saat ini dihuni oleh 1.911 orang.

Saat disinggung terkait hal itu Kalapas mengatakan Pj Bupati Kampar sempat menanyakan apa masih ada areal lahan untuk pembangunan.

Ikln/HRC/Sugianto
"Terkait over kapasitas Bupati Kampar juga sempat menyinggung di dalam apakah masih ada areal untuk bangunan. Saya menyampaikan bahwa kita mempunyai lahan seluas 8 hektar, yang kita bangun ini hanya berkisar 4 hektar sangat memungkin kan untuk kita kembangkan," ujar Kalapas.

Ia juga menyebut Pj Bupati Kamapar sangat antusias melihat prodak hasil karya warga binaan yang turut dipamerkan dalam acara pemberian remisi tersebut. Selain itu juga terkejut dengan omset yang dihasilkan dari prodak atau program pembinaan dari Lapas Bangkinang.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X