Kota Pekanbaru Masuk Penilaian Adipura 2022

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 16:01 WIB
Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru, Hendra Afriadi saat meninjau TPA Muara Fajar 2 (Dodi/HRC)
Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru, Hendra Afriadi saat meninjau TPA Muara Fajar 2 (Dodi/HRC)


HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Kota Pekanbaru menjadi salah satu daerah yang akan dilakukan pemantauan oleh Tim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI. Hal itu dilakukan dalam rangka pelaksanaan Adipura tahun 2022.

Penganugrahan Adipura sempat terhenti dalam dua tahun terakhir dikarenakan pandemi Covid-19. Tahun ini, program Adipura kembali dirancang KLHK RI dengan penyempurnaan format dan penilaian menyesuaikan dengan perkembangan dan kebijakan terkini.

Tim KLHK sendiri diketahui telah melakukan asesmen, termasuk Kota Pekanbaru. Hasilnya, Kota Pekanbaru ditetapkan menjadi salah satu daerah yang akan dilakukan pemantauan dan penilaian.

"Berdasarkan hasil asesmen yang dilakukan tim dari KLHK, ditetapkanlah Kota Pekanbaru sebagai salah satu daerah yang akan dilakukan pemantauan," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, Hendra Afriadi saat ditemui di sela-sela kunjungannya di TPA Muara Fajar 2, Rabu (17/8).

Baca Juga: HUT RI, Ratusan Napi di Rutan Rengat Terima Remisi, 5 Bebas

Dijelaskan Hendra, masuknya Kota Bertuah menjadi salah satu daerah yang akan dilakukan penilaian bukan tanpa alasan. Sejumlah syarat telah dipenuhi pihaknya.

Ikln/HRC/Akmal
"Untuk bisa masuk nominasi itu, syaratnya diataranya telah memiliki dokumen Jakstrada (Kebijakan strategi daerah,red), mengisi data SIPSN (Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional,red), serta memiliki pengelolaan sampah dengan pola controlled landfill yang merupakan peningkatan dari sistem open dumping," sebut Hendra.

"Berdasarkan hal itu, kita masuk dalam kategori kota metropolitan," sambungnya.

Dikatakan Hendra, jika sebelumnya penilaian Adipura berfokus pada kebersihan dan penataan ruang, tahun ini lebih fokus pada pengelolaan dan penanganan serta pengurangan sampah yang tertuang dalam Jakstrada. Kendati begitu, dirinya optimis Kota Pekanbaru bisa meraih Adipura pada tahun ini.

"Harus. Kita optimis," yakin Hendra memungkasi.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X