Pacu Jalur Masuk Makna dari Google Doodle Edisi HUT RI Ke 77, Ini Karya Ilustrator Bandung

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 12:53 WIB
 (Jon/HRC)
(Jon/HRC)

HALUANRIAU.CO, KUANTAN SINGINGI - Masyarakat Kuantan Singingi patut berbangga di hari HUT RI ke 77 Google Doodle edisi Hari Kemerdekaan Indonesia mengambil tema balap perahu atau perahu pacu.

Pacu Jalur yang merupakan budaya masyarakat Kuansing yang sudah berusia 119 tahun di 2022 ini berhasil menginspirasi seorang ilustrator Bandung, Wastana Haikal berkarya untuk menggambar bahwa pacu jalur merupakan implementasi persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, sebab filosofi pacu jalur dengan puluhan atlit harus bersatu mendayung jalur dengan serentak guna meraih kemenangan sampai garis finish.

Sebagaimana dikutip dari laman detik pada 17 Agustus 2022 ini, Google Doodle edisi Hari Kemerdekaan Indonesia mengambil tema balap perahu atau perahu pacu.

Google selalu memasang Google Doodle pada momen tertentu untuk memperingati hari penting tersebut.

Ikln/HRC/Akmal

Baca Juga: Riksa Yustisia Putri Anak dari Seorang Anggota Polri Turut Jadi Anggota Paskibra 2022 Kuantan Singingi

Seperti dikutip dari laman Google Doodle per- tanggal 17 Agustus 2022 ini, mereka menggunakan doodle berupa balap perahu yang diikuti oleh 5 orang berpakaian tradisional dari berbagai suku di Indonesia. Doodle tersebut merupakan karya ilustrator Bandung, Wastana Haikal. Apa makna dari Google Doodle tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

Makna Google Doodle 17 Agustus 2022 Ilustrasi Google Doodle Hari Kemerdekaan Indonesia terinspirasi dari salah satu tradisi yang difestivalkan secara rutin, yakni Festival Pacu Jalur.

Festival Pacu Jalur adalah event balapan perahu terbesar di Indonesia, dengan rangkaian pertunjukan tarian dan diiringi lagu tradisional.

Setiap tahunnya, sekitar 100 perahu berpartisipasi dalam Festival Pacu Jalur menyusuri Sungai Batang Kuantan di Provinsi Riau. Untuk memeriahkan festival, perahu-perahu tersebut didekorasi dengan meriah. Setiap perahu di kendarai oleh 60 orang dalam satu tim.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

APBD-P Kuansing Menunggu Waktu Pelaksanaan

Jumat, 30 September 2022 | 20:30 WIB
X