Bupati Inhu Harapkan APDESI Inhu Jadi Pelopor Aparatur Desa

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 22:31 WIB
Bupati Indragiri Hulu, Rezita Meylani Yopi, SE (Eka/HRC)
Bupati Indragiri Hulu, Rezita Meylani Yopi, SE (Eka/HRC)

HALUANRIAU.CO, INDRAGIRI HULU - Pemerintahan Desa (Pemdes) sangat berperan penting dalam pembangunan desa, dalam hal ini Kepala Desa beserta jajarannya yang diberikan wewenang untuk mengurus wilayahnya berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa (ditetapkan tanggal 30 Mei 2014).

Pemdes dalam melaksanakan tugas pembangunan dan penyelenggaraan pelayanan pada masyarakat juga harus benar-benar memahami kapasitas yang menjadi kewenangan maupun tugasnya masing-masing.

Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) dapat berperan aktif mendorong anggotanya untuk membangun sinergitas sebagai upaya kepaduan strategis antara kebijakan pemerintah pusat, pemerintah daerah dan Pemerintah Desa sehingga akan menciptakan tata kelola pemerintahan yang mampu melahirkan administrasi pelayanan publik yang cepat, efisien serta mendukung investasi dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah pedesaan.

Bupati Indragiri Hulu (Inhu), Rezita Meylani Yopi, SE ikut dan menghadiri pelantikan serta pengukuhan Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia Kabupaten Inhu (DPC APDESI Inhu) Masa Bhakti 2022-2027 di Gedung Dang Purnama Rengat, Jum'at (12/8/2022).

Selain itu pengukuhan acara ini Ketua juga di ikuti Ketua DPD APDESI Provinsi Riau Abdurrahman chan beserta Pengurus APDESI Riau, Forkopimda Inhu, Kepala OPD dijajaran Pemkab Inhu, camat dan seluruh Kepala Desa (Kades) se-Kabupaten Inhu.

Baca Juga: Diringkus Polisi, Ayah Kandung Yang Tegah Gagahi Putrinya di Pucuk Rantau

(Eka/HRC)
Pada kesempatan ini Bupati Inhu Rezita Meylani, SE dalam sambutannya menyampaikan dengan di kukuhkannya kepengurusan APDESI Inhu agar dapat selalu bersinergi dalam mengemban tugas di lingkup desa dan diharapkan juga mampu membangun desa yang ada di Inhu ini lebih baik lagi.

"Dengan telah dilantiknya DPC APDESI Inhu ini dapat menjadi wadah komunikasi serta koordinasi desa dan seluruh perangkat desa yang ada di Inhu" sambungnya.

Selaras dengan itu, Bupati Rezita Meylani, SE mengingatkan kepada DPC APDESI Inhu untuk menjadi pelopor tata kelola perangkat desa yang kompak dan efisien serta tata kelola pemerintah yang bersih dan akuntabel.

Bupati juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kab. Inhu memandang APDESI adalah mitra strategis dalam membangun masyarakat, untuk itu Bupati berharap agar APDESI dapat menjadi menjadi pelopor aparatur perangkat desa yang akuntabel.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mobil Patroli untuk Pelajar di Inhu dari Kopel Putih

Jumat, 26 Agustus 2022 | 19:57 WIB
X