Tanda Tangan Digital, Pemkab Inhu Sudah Terbitkan 55 Akun Sanapati

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:18 WIB
 (Eka/HRC)
(Eka/HRC)

HALUANRIAU.CO, RENGAT - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Inhu mengadakan rapat koordinasi teknis pemanfaatan email Sanapati dan tanda tangan elektronik di Ruang Auditorium Yopi Arianto Lt 4 Kantor Bupati, Kamis (11/08/2022).

Hadir dalam acara ini mewakili Bupati Indragiri Hulu, Kadis Kominfo Inhu, Jawalter, Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggaraan E-Governmet Diskominfo Inhu, Emilia; Fungsional, Sandiman; Ahli Muda, Awirianto dan 106 orang peserta yang terdiri dari Kasubag Umum yang didampingi oleh staff teknis masing-masing OPD di lingkungan Pemerintah Kab. Inhu.

Kabid Penyelenggaraan E-Government, Emilia, selaku ketua pelaksana dalam laporannya menyampaikan, hingga saat ini Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu telah menerbitkan sebanyak 55 akun Sanapati di seluruh Badan, Dinas, Kantor, Bagian, dan Camat Se-Inhu yang nantinya akan digunakan untuk mengirim maupun menerima berbagai administrasi terutama surat-menyurat.

Baca Juga: Melalui Program Jaksa Menyapa, Kejari Rohil Paparkan Upaya Pencegahan Penyimpangan Dana Desa

Emilia meyebutkan, jumlah sertifikat elektronik atau tandatangan digital yang telah terbit sebanyak 22 perangkat daerah dengan 150 sertifikat.

"Kegiatan hari ini merupakan implementasi sistem keamanan informasi dan persandian bidang penyelenggaraan e-government Diskominfo Inhu," ucapnya.

Selanjutnya Kadis Kominfo Inhu, Jawalter menyampaikan melalui email Sanapati dan penerapan sertifikat elektronik merupakan salah satu cara memberikan jaminan keamanan transaksi elektronik dalam mendukung tata pemerintahan untuk melindungi sebuah informasi.

Untuk itu, sebut Jawalter, melalui Rakor ini kita mengharapkan kepada narasumber dapat memberikan pemaparan secara menyeluruh kepada aparatur pemerintah terkait tentang perlindungan data dan informasi, dan pemanfaatan tanda tangan elektronik dalam mewujudkan kecepatan, otentikasi, serta tertib administrasi di lingkungan Pemerintah Kab. Inhu.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan paparan materi yang disampaikan oleh narasumber Fungsional Sandiman Ahli Muda Diskominfo Inhu, Awirianto.

Baca Juga: Bioderma Sensibio Tonique, Pelembab dan Perawatan Tambahan Kecantikan Kulit

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mobil Patroli untuk Pelajar di Inhu dari Kopel Putih

Jumat, 26 Agustus 2022 | 19:57 WIB
X