Wakil Bupati Pelalawan Pimpin Upacara Peringatan Hari Jadi Provinsi Riau ke 65

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 13:14 WIB
 (Raf/HRC)
(Raf/HRC)

HALUANRIAU.CO, PELALAWAN - Pemeritah Kabupaten Pelalawan laksanakan upacara peringatan hari  jadi Provinsi Riau ke 65 tahun yang bertempat di halaman Kantor Bupati Pelalawan, Selasa 9/8/2022.

Peringatan Hari Jadi Provinsi Riau yang ke-65 tahun di pimpin langsung oleh Wakil Bupati Pelalawan, H. Nazaruddin, yang dihadiri oleh Ketua DPRD unsur Forkopimda, staf ahli, kepala OPD, tokoh masyarakat dan para veteran, pemuka Agama, serta seluruh Pegawai Pemerintah Kabupaten Pelalawan. Upacara dilanjutkan dengan pembacaan pidato hari jadi Provinsi Riau yang ke 65 tahun.

Hari Jadi Provinsi Riau yang ke 65 tahun dengan tema "Riau Maju, Riau Unggul" Yang dibacakan oleh Wakil Bupati Pelalawan pada saat upacara peringatan HUT Provinsi Riau yang ke-65 tahun di hadapan seluruh peserta upacara.

Wakil Bupati Pelalawan menyampaikan amanat Gubernur Riau, sejatinya Riau adalah negeri yang kaya akan sumber daya alam yang melimpah, hal ini patut kita syukuri, dengan senantiasa diiringi dengan perbuatan, sehingga Riau dikenal dengan melayunya dan serta kebudayaan dan keberagaman untuk tercipta nya kemashlahatan masyarakat banyak.

Provinsi Riau di hari jadi yang ke 65 tahun ini, sudah menjadi salah satu provinsi pusat perekonomian di pulau Sumatera. Pembangunan yang sangat pesat yang kita rasakan pada saat sekarang adalah bukti dari pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat dan membaik di Provinsi Riau.

Baca Juga: WK CPP Dikelola 100 Persen Daerah

Nazaruddin melanjutkan,pencapaian Riau di usia sudah 65 tahun ini,sektor investasi provinsi Riau berhasil meraih peringkat ke-5 nasionaldengan nilai investasi pada tahun 2021 sebesar Rp53,02 triliun. Adapun untuk tahun 2022 telah ditetapkan target sebesar Rp60,46 triliun kepada provinsi Riau.

Investasi di Riau pada tahun 2022 telah mencapai realisasi investasi sampai dengan triwulan 2 Januari hingga Juni 2022 telah mencapai 73,41 persen dari target Rp60,46 triliun dengan nilai realisasi investasi Rp44,4 triliun dan peringkat ke-5 secara nasional dengan sarapan tenaga kerja sebanyak 32.385 orang," jelasnya.

Keunggulan provinsi Riau juga dapat dilihat dari produk domestik bruto (PDRB) terbesar kelima di Indonesia atau terbesar pertama di luar pulau Jawa dengan kontribusi sebesar 5,22 persen terhadap PDB nasional. Kemajuan ekonomi ini juga didukung dengan pertumbuhan ekonomi syariah dan keuangan syariah di Riau sejalan dengan perkembangan perubahan Bank Riau Kepri menjadi Bank Riau Kepri Syariah.

Disamping itu, indeks pembangunan manusia pada tahun 2021 sebesar 72,94 poin kategori tinggi atau peringkat ke-7 nasional demikian pula hal ini dengan tingkat pengangguran terbuka provinsi Riau sebesar 4,40 persen per Februari 2022 lebih rendah dari capaian nasional sebesar 5,83 persen. Tingkat kemiskinan di Provinsi Riau juga menurun yaitu sebesar 6,78 persen pada bulan Maret 2022 dibanding dengan bulan yang sama pada tahun 2021 sebesar 7,12 persen.

Sementara terhadap penanganan kemiskinan dan percepatan penurunan stunting di Provinsi Riau, pemerintah Provinsi Riau pada tahun 2022 telah mengalokasikan anggaran melalui OPD terkait dan melalui bantuan keuangan khusus sebesar 20 juta pada setiap desa se-Provinsi Riau.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemutakhiran Data Non ASN Pelalawan Capai 7.316 orang

Rabu, 28 September 2022 | 14:27 WIB
X