Kepala Puskesmas Bungaraya Survey Kerumah Warga Kampung Temusai Yang Belum Memiliki Jamban Yang Layak

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 09:52 WIB
Kepala Puskesmas Bubgaraya, dr. Imelda Putri di dampingi petugas kesehatan lingkungan Puskesmas Bungaraya Maisyah Ahmad dan Penghulu Kampung Temudai mengecek jamban waega yang tak layak (Istimewa)
Kepala Puskesmas Bubgaraya, dr. Imelda Putri di dampingi petugas kesehatan lingkungan Puskesmas Bungaraya Maisyah Ahmad dan Penghulu Kampung Temudai mengecek jamban waega yang tak layak (Istimewa)

HALUANRIAU.CO, SIAK - Dalam rangka meningkatkan lingkungan yang sehat, Dinas Kesehatan Kabupaten Siak melalui Puskesmas Bungaraya melakukan pendataan dan bimbingan serta masukan kepada pemerintah kampung untuk mengajak masyarakat untuk hidup sehat.

Pada kegiatan kali ini, pihak dinas kesehatan melakukan pengecekan sekaligus mendata rumah warga yang tidak memiliki jamban atau WC yang tertutup untuk diberikan masukan atau ilmu agar tidak membuang kotoran disembarang tempat dan mendorong serta meminta kepada pemerintah kampung untuk selalu mengawasi dan memantau masyarakat yang belum memiliki jamban untuk membuat jamban yang layak secara sederhana.

"Alhamdulilah hari ini ibu Kepala Puskesmas Bungaraya bersama anggotanya melakukan pengecekan rumah warga kami yang belum memiliki jamban, kebetulan dikampung ini hanya ada dua rumah tangga yang belum memiliki jamban yang tidak layak. Kampung Temusai selama ini tidak ada stunting ,untuk itu, masa yang akan datang agar tidak ada terjadi stunting di kampung ini, maka pihak puskesmas melakukan pendataan dan memberikan informasi dan edukasi kepada kita untuk bersama- sama mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan,salah satunya pembuatan jamban yang layak," ungkap Samsudin, Penghulu Kampung Temusai kepada haluanriau.co , Rabu (03/08/2022).

Baca Juga: Wajib Dimiliki! Keahlian yang Harus Dimiliki Pemimpin Masa Depan 

Penghulu Kampung Temusai berharap, Kampung Temusai kedepan bisa terus meningkatkan kebersihan lingkungan, kesehatan masyarakat dan lain-lain.

"Untuk itu kami berharap kepada seluruh masyarakat untuk bersama- sama mendukung Kampung Temusai menjadi kampung hijau dan kampung bersih, sehingga kedepan dikampung ini tidak ada kasus stunting," harapnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Bungaraya dr.Imelda Putri mengatakan, kegiatan survey kerumah warga yang belum punya jamban yang layak ini, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan atau usaha menyadarkan masyarakat untuk menjamin agar kondisi lingkungannya lebih sehat (Sanitasi), teknik maupun manajemen pembuatan jamban, dan meningkatkan kerjasama dengan masyarakat memilih fasilitas jamban serta meningkatkan akses jamban sehat .

“Dengan kedatangan kita ini, diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui akses jamban sehat dan perilaku hidup sehat untuk mengurangi prevalensi stunting serta mewujudkan generasi yang berkualitas,” ungkapnya.

Baca Juga: Polri Resmi Tetapkan Bharada E Sebagai Tersangka

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X