Di Bengkalis, Tim Penkum Kejati Riau Sampaikan Materi Perlindungan terhadap Anak

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 17:10 WIB
 (Dodi/HRC)
(Dodi/HRC)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Tim Penerangan Hukum (Penkum) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau berada di Kabupaten Bengkalis. Di Negeri Sri Junjungan itu, Tim Penkum menyambangi dua Sekolah Menengah Atas (SMA).

Dua sekolah itu adalah SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 1 Bengkalis. Di sana, Tim Penkum melaksanakan program Jaksa Masuk Sekolah (JMS).

"Tim Penkum melaksanakan JMS dengan Lindungi Anak dari Kekerasan Seksual," ujar Kepala Seksi (Kasi) Penerangan Hukum (Penkum) dan Humas Kejati Riau, Bambang Heripurwanto, Selasa (2/8).

Di SMAN 2 Bengkalis, kata Bambang, kegiatan JMS diikuti sebanyak 50 orang siswa. Sejumlah Jaksa dan pegawai Kejaksaan dilibatkan dalam kegiatan tersebut, seperti Taufikul Amri, Rida Osi Lestari, Sumitya, dan Ahmad Yunis.

Sementara di SMAN 1 Bengkalis, lanjut dia, kegiatan tersebut dipimpin Agus Taufikurrahman, Koordinator Bidang Intelijen, dan menyertakan Jaksa serta pegawai Kejati Riau lainnya seperti, Zainal, Desmirza Hanum, dan Riswandi.

"Kepala dan guru-guru dua sekolah tersebut juga hadir," sebut Bambang.

Baca Juga: Terlacak di Singapura, KPK Berkoordinasi Dengan CPIB Tangkap Surya Darmadi

Di dua sekolah para narasumber dari Kejati Riau menyampaikan materi, yakni negara menjamin dan melindungi segala kegiatan anak dan hak-haknya agar dapat hidup, tumbuh dan berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan. Selain itu, anak juga mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi demi terwujudnya bangsa Indonesia yang berkualitas, berakhlak mulia dan sejahtera.

Lanjut dia, kegiatan Penyuluhan Hukum JMS tersebut, mendapat antusias yang sangat tinggi dan luar biasa, hal ini terlihat banyaknya siswa yang menanyakan kepada narasumber bagaimana proses penanganan perkara dan sanksi terhadap kekerasan terhadap anak.

"Program Jaksa Masuk Sekolah merupakan program pemerintah pusat yang dicanangkan di seluruh wilayah Indonesia dengan tujuan, yaitu pengenalan serta pembinaan hukum sejak dini, sehingga anak-anak bangsa tidak terjerumus dengan pelanggaran hukum," jelas Bambang.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Paripurna Istimewa Hari Jadi ke-510 Bengkalis

Senin, 1 Agustus 2022 | 15:59 WIB

Ini Tips Berboncengan dengan Posisi Menyamping

Senin, 4 Juli 2022 | 15:58 WIB
X