Surat Berlapis! Alasan M Haris Ch Dilantik Sebagai Kepala Desa Baru

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 09:57 WIB
Kabag Hukum Sekretiat Daerah Kampar, Khairuman (Istimewa)
Kabag Hukum Sekretiat Daerah Kampar, Khairuman (Istimewa)

HALUANRIAU.CO, KAMPAR - Surat berlapis alasan Pemerintah Kabupaten Kampar melantik M Haris Ch sebagai Kepala Desa Baru, Kecamatan Siak Hulu. Selain itu Undang-Undang Administrasi Pemerintahan UU 30 tahun 2014 juga menjadi dasar terselenggaranya pelantikan tersebut.

M Haris Ch dilantik Sekretaris Daerah Kampar, Yusri pada Jumat (24/7/2022). Meski saat ini sengketa Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) sedang berjalan di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) di tahap banding.

Kepala Bagian Hukum Sekretiat Daerah Kampar, Khairuman mengatakan pelantikan itu dilaksanakan berdasarkan hasil pertimbangan rapat, dimana awalnya Bupati Kampar menerima surat dari Dirjen Kemenkumham yang merekondasi untuk melakukan pelantikan kepada M Haris sebagai Kepala Desa Baru.

Namun saat itu kata dia, berdasarkan hasil rapat pihaknya melakukan konsultasi eengan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai orang tua dari Pemerintah Daerah.

Baca Juga: Kajari Meranti Waluyo SH.MH Sambut Kunjungan Silahturahmi Ketua Beserta Anggota DPRD Meranti

"Kami berkesimpulan karena dari kemenkumham, kami konsultasikan ke Mentri Dalam Negeri sebagi ibu dari pemerintah daerah. Setelah itu kami mendapat surat balasan dari Kemendagri melalui Dirjen Bina Pemerintah Desa sarannya tetap melakukan pelantikan terhadap M Haris," kata Khairuman pada wartawan di ruang kerjanya Senin (1/7).

Karena Bupati Kampar saat itu tidak melantik, Khairuman mengaku pihaknya dilaporkan ke Menko Polhukam atas pelanggaran HAM. Namun saat itu kata dia pihaknya juga tidak menghiraukan.

"Saat itu kami juga tidak mempedulikan, kemudian kami di undang lah rapat oleh Menko Polhukam. Setelah itu keluar surat
Dirjen Bina Pemdes meminta Gubernur agar memantau penyelenggaran pemerintah desa di Kabupaten Kampar dan memastikan Bupati kampar melakukan," ujar Khairuman.

Setelah itu sebut dia, keluar surat dari Gubernur Riau yang meminta Bupati Kampar untuk melantik kepala desa tersebut.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X