Cipta Kamtibmas Tak Cukup Kepolisian Saja, HIMAROHU Riau Paparkan Pentingnya Kepedulian Masyarakat

- Sabtu, 30 Juli 2022 | 18:24 WIB
Ketua Umum HimaRohu Wirandi memaparkan pentingnya keikutsertaan masyarakat dalam menjaga stabilitas Kamtibmas. (Akmal)
Ketua Umum HimaRohu Wirandi memaparkan pentingnya keikutsertaan masyarakat dalam menjaga stabilitas Kamtibmas. (Akmal)

HALUANRIAU.CO, PASIR PANGARAIAN-Dalam mewujudkan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) tidaklah cukup dengan upaya yang dilakukan pihak kepolisian saja. Perlu dukungan dan keikutsertaan dari masyarakat itu sendiri.

Demikian diutarakan oleh Himpunan Mahasiswa (Hima) Rokan Hulu (Rohul), Sabtu (30/7). Kepolisian Resor (Polres) Rokan Hulu (Rohul) berserta Kepolisian Sektor (Polsek) Jajaran membutuhkan peran seleruh elemen masyarakatnya.

"Diperlukan sinergitas dari seluruh elemen masyarakat membantu Polres Rohul dalam menjaga situasi keamanan Rohul untuk tetap kondusif dan produktif," kata Ketua Umum HIMAROHU Riau, Wirandi.

Lebih jauh dipaparkan Wirandi, jika Kamtibmas sudah kondusif maka akan berdampak terhadap produktifitas masyarakatnya. Dalam menjalankan kesehariannya tentu akan lebih tenang tanpa perlu khawatir adanya tindakan kriminalitas.

"Karena itu dibutuhkan sinergi dari seluruh elemen masyarakat. Jika tanpa dukungan elemen masyarakat maka akan sia-sia, khususnya ditengah keterbatasan sumber daya Polres Rohul," urainya.

Permasalahan Kamtibmas muncul, jelas Wirandi, bisa saja terjadi dengan tidak adanya kepedulian dari masyarakat. Instabilitas sosial itu akan bermunculan jika kepedulian itu hilang.

"Masyarakat yang seharusnya melaporkan beragam masalah sosial yang terjadi dilingkungannya kepada aparat berwajib malah bersikap diam, nah ini ironis," urainya memaparkan penyebab muncul gangguan Kamtibmas.

"Mudahan dengan arahan ini, seluruh elemen masyarakat dapat tergerak memberikan dukungan terhadap kepolisian dalam menciptakan suasana yang kondusif," katanya menyudahi.

Editor: Akmal

Terkini

22 Atlet PBVSI Rohul Siap Ikuti Porda Riau 2022

Minggu, 19 Juni 2022 | 17:56 WIB

RKPD Rohul Tahun 2023 Memasuki Tahap Finalisasi

Minggu, 19 Juni 2022 | 16:46 WIB
X