Lebih Satu Abad Diadakan, Siapakah Peraih Gelar Terbanyak.

- Jumat, 29 Juli 2022 | 12:12 WIB
 (Yendri/HRC)
(Yendri/HRC)

HALUANRIAU.CO,KUANTAN SINGINGI - Kebudayaan pariwisata Pacu Jalur Kabupaten Kuantan Singingi memiliki nilai budaya yang sudah melekat dengan masyarakat Kuansing Provinsi Riau.

Sehingga, kebudayaan yang sudah dilaksanakan lebih dari satu abad lamanya itu sudah menjadi darah daging dengan seluruh lapisan masyarakat, tidak hanya orang tua, bahkan keterlibatan remaja, anak anak hingga para pelancong ingin datang ke Kuantan Singingi setiap bulan Agustus untuk menyaksikan event Nasional tersebut.

Di samping itu, bukan hanya masyarakat Kabupaten Kuansing saja yang mempersiapkan Jalur (Perahu) untuk tampil di ajang event Nasional yang di helat di Tepian Narosa Teluk Kuantan, Kabupaten tetangga seperti Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir juga mempersiapkan diri untuk tampil exist meraih sang juara gelangan.

Jika kita melihat, dari sejarah Pacu Jalur di Tepian Narosa Teluk Kuantan, dari pantauan tahun 1955 hingga tahun 2019 yang lalu, ternyata ada nama jalur yang mencatatkan rekor pemegang tropi terbanyak adalah jalur Bomber dari Desa Sibarakun Kecamatan Benai, yakni pemegang dua belas (12) tropi gelar juara di  gelanggang tepian Narosa Teluk Kuantan.

Baca Juga: Lebih Satu Abad Diadakan, Siapakah Peraih Gelar Terbanyak.

Sementara itu, peng gondol tropi kedua peraih 6(enam) tropi, yakni nama jalur Pandan Baiduri Kampung Pulau Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu.

Selain itu, pada peringkat ketiga, ada 2(dua) Nama  jalur yakni peraih empat (4) tropi, peraih empat tropi juara tersebut yakni jalur Binti Mandi Desa Pulau Kijang Kecamatan Kuantan Hilir dan jalur Siposan Rimbo Desa Pauh Angit Kecamatan Pangean.

Dan masih ada nama lain seperti, Binuang Sati Seberang Taluk, Rajo Bujang Padang Tanggung, Silancar Air dari Sukaping,Puti Mandi Mayang Terurai Rantau Sialang, dan Toduang Biso Rimbo Piako Paboun, serta sang raja di hulu, Pendekar Hulu Bukit Tabandang dari Lubuk Ambacang Kecamatan Hulu Kuantan.

Jika di lihat dari sejarah, jalur yang sering meraih tropi jika di gabungkan secara keseluruhan, Kecamatan Pangean adalah jalur yang paling banyak peraih juara di event Pacu Jalur Tepian Narosa Teluk Kuantan.

Baca Juga: Sore Ini Pukul 17.40 WIB, 55 Jamaah Haji Asal Kampar Mendarat di Pekanbaru

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X