Remaja sebagai Agen Perubahan Perilaku dalam Mengatasi Stunting

- Kamis, 28 Juli 2022 | 21:39 WIB
 (Dodi/HRC)
(Dodi/HRC)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Stunting masih menjadi isu besar bagi bangsa Indonesia. Stunting merupakan program prioritas pemerintah yang harus segera ditanggulangi. Upaya menurunkan angka stunting terus dilakukan dengan melibatkan berbagai pihak baik pemerintah, perguruan tinggi maupun swasta. Remaja adalah kelompok usia potensial yang bisa dilibatkan dalam berbagai program pencegahan stunting sejak dini.

Remaja berada di garis depan dalam inovasi dan agen perubahan. Banyak inovasi dikembangkan anak muda. Dari merekalah inovasi lahir karena mereka masih memiliki semangat, idealisme, dan kreativitas tinggi. Apalagi dengan kemajuan teknologi informasi seperti media sosial yang berkembang dengan saat pesat. Kreatifitas remaja dalam membuat konten edukasi diharapkan menjadi satu yang yang dapat diviralkan, sehingga harapannya dengan adanya konten yang edukatif yang dibuat oleh remaja dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran remaja lainnya dalam berperilaku kesehatan yang baik.

Hal tersebut diutarakan oleh Ketua Tim Pengabdian kepada Masyarakat, Dr. Mitra, SKM, MKM yang juga dosen Pascasarjana Universitas Hang Tuah Pekanbaru (UHTP) dalam seminar Program Kemitraan Masyarakat dengan Tema “Pembinaan Satuan Tugas Peduli Stunting Remaja sebagai Agen Perubahan Melalui Informasi Digital dalam Upaya Pengentasan Stunting di Kota Pekanbaru”.

Kegiatan seminar berlangsung selama 2 hari pada tanggal 26-27 Juli 2022 yang diselenggarakan secara Hybrid (online dan offline) dengan peserta yaitu Satgas Pesta, Satgas Penting, Kader dari Kampung KB, PIK-R dan Duta Genre serta mahasiswa dan pelajar yang ada di Kota Pekanbaru.

Baca Juga: Kapolres Andi Yul 'Duduk Bersile' dengan Pemdes dan Tokoh Masyarakat Desa Tebun

Kegiatan ini merupakan kegiatan hibah dari Kemendikbud Tahun 2022 yang akan berlangsung sampai bulan November 2022, dimana kami melakukan Tiga kegiatan yaitu Peningkatan kapasitas SDM satgas stunting (satgas pesta) yang saat ini sedang kita selenggarakan, pendampingan pembuatan konten edukasi, dan pendampingan pembuatan Website Stunting remaja ujar Dr. Mitra, SKM, MKM.

Seminar dibuka oleh Rektor Universitas Hang Tuah Pekanbaru, Prof. Dr. Syafrani M.Si. Kata Sambutan disampaikan oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau Dra. Mardalena Wati Yulia, M.Si, Kepala Dinas Pengendalian Kependudukan dan KB, Drs. M. Amin, M.Si. Sebagai Narasumber adalah Dr. Mitra, SKM, MKM, Nurlisis, SKM, M.Kes (Dosen Fakultas Kesehatan Prodi Kesehatan Masyarakat UHTP), Uci Rahmalisa, S.Kom, MTI (dosen Fakultas Ilmu Komputer UHTP), M.Muzakir Fahmi (duta remaja) dan Ikhbal Akhmad MM (Dosen UMRI).

(Rilis)

Baca Juga: Universitas Islam Riau Jadi Tuan Rumah Kegiatan Penyamaan Persepsi Serta Tes Calon Asesor BKD 2022

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X