LPB Muhammadiyah se-Sumatera Ikuti Pelatihan Psikososial Kebencanaan

- Selasa, 26 Juli 2022 | 11:27 WIB
 (Nie/HRC)
(Nie/HRC)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Sejumlah pimpinan dan relawan Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) atau MDMC se-Sumatera berkumpul di Riau pada tanggal 22 sampai 24 Juli kemarin. Kehadiran para relawan itu untuk mengikuti Pelatihan Psikososial Kebencanaan yang ditaja oleh LPB Muhammadiyah Riau.

"Secara khusus hasil yang diharapkan adalah peserta dapat memahami dampak psikososial dari suatu bencana. Peserta juga diharap memiliki keterampilan untuk melakukan asesmen psikososial dan teknik pendampingan," tutur Ketua Panitia, Razali S.Ikom dalam rilis tertulisnya, Senin (25/7/2022).

Dijelaskannya, berbagai bencana di sejumlah tempat tak jarang menimbulkan korban dalam jumlah yang besar. Bencana itu bisa dipicu perubahan iklim global yang mengakibatkan banjir maupun kekeringan, gerakan patahan bumi yang mengakibatkan gempa bumi dan tsunami, penebangan liar yang berakibat tanah longsor serta bencana  konflik dan terorisme.

"Gejala psikis itu tak bisa dibiarkan berlarut-larut. Para penyintas harus dibantu supaya pulih kesehatan mentalnya," tambahnya.

Untuk membantu para penyintas, maka pelatihan ini mendorong peserta memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam psikososial bencana.

Dalam Laporan Ketua LPB Muhammadiyah Riau oleh M. Anwar Siregar, SH., mengatakan bahwa peserta nantinya diharapkan mampu untuk mengelola informasi di masa tanggap darurat. , “Melalui pelatihan ini, relawan atau personil Lembaga Kebencanaan dan Relawan Muhammadiyah se-Sumatera baik di tingkat wilayah, daerah dan AUM akan memiliki kemampuan dalam penanganan psikososial bencana secara tersytim dan teratur," ujarnya.

Baca Juga: Segera Hindari! Kebiasaan yang Mengakibatkan Munculnya Penuaan Dini

Dalam prosesnya nanti, pelatihan ini diharapkan juga mampu membangun sinergitas kebijakan, program dan aksi antar Lembaga Kebencanaan dan Relawan Muhammadiyah se-Sumatera. Khususnya dalam memberikan dukungan psikososial bagi penyintas bencana.

Instruktur atau pemateri dalam Pelatihan ini oleh Zakaria Ahmad serta Tim dari Maharesigana Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) serta Agus Widianto dari LPB PP Muhammadiyah. Materi pelatihan menitik beratkan pada kesiapan dan respon relawan terhadap Dampak Psikososial Kebencanaaan, Manajemen Penanggulangan Bencana serta Dasar-dasar Intervensi Psikososial.

Lain dari itu, ada dismapaikan pula materi tentang Asesmen Psikososial, Simulasi Asesmen Psikososial, Teknik Pendampingan dan Fasilitasi, Merancang dan Melakukan Intervensi Psikososial, Evaluasi dan Rencana Tindak Lanjut serta Penguatan Kapasitas Kelembagaan dan OMOR.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ingat, OJK Sebut Pinjol Hanya Boleh Minta Akses Camilan

Kamis, 22 September 2022 | 22:47 WIB

UMRI Terima Kunjungan Belajar 112 Santri IBS Pekanbaru

Senin, 19 September 2022 | 22:46 WIB

Uang Saku Terkuras, Mahasiswa Keluhkan Naiknya Harga BBM

Senin, 19 September 2022 | 15:39 WIB
X