Pawai Ta'aruf Siak di MTQ Riau di Rohil, Tampilkan Meghrib Mengaji dan Tema Kesultanan Siak

- Senin, 25 Juli 2022 | 09:24 WIB
Istimewa
Istimewa

HALUANRIAU.CO, ROHIL - Perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-40 tingkat Provinsi Riau tahun 2022, di Bagan Siapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, diawali dengan parade kontingen atau Pawai Ta'aruf yang menampilkan sejumlah kesenian dari kabupaten atau kota se-Riau.

Tak terkecuali, kabupaten Siak juga turut menampilkan kesenian, parade para kafilah, mobil hias dan Drama Magrib Mengaji yang dibawakan grup Pengat Production asal Kota Siak.

Bupati Siak Alfedri tampak hadir dalam rombongan pawai Ta'aruf Kabupaten Siak, usai acara saat ditemui menyampaikan pawai Ta'aruf kali ini, Pemerintah Kabupaten Siak mengambil tema "Belajo Mengaji Tradisional Menjadikan Generasi Qurani".

Baca Juga: Melalui Bujang Kampung, Wabup Husni Merza Terus Selusuri Stanting Sampai Kehulu

”Tema tersebut diambil karena Pemerintah Kabupaten Siak memiliki Program Magrib Mengaji, yang mengajarkan kepada anak-anak kita untuk terbiasa mengaji minimal setelah siap shalat magrib, bertujuan untuk menciptakan generasi Qurani", ujar Bupati Alfedri, di Bagan Siapiapi, Minggu (42/7/2022).

Gerakan magrib mengaji bertujuan untuk membina anak-anak agar memiliki akhlakul karimah. Magrib mengaji juga merupakan aktivitas ibadah yang sangat lekat dengan masyarakat muslim di negeri Melayu.

”Tradisi magrib mengaji sudah ada zaman sultan dulu, setiap sore usai magrib di setiap rumah warga, anak-anak mengaji, membaca Al-quran. Namun perkembangan zaman nilai-nilai religi itu mulai tergerus,” kata Alfedri.

Penampilan dan menjadi perhatian pesan-pesan yang disampaikan kawan-kawan Pengat Production di sambut meriah oleh warga kota Bagan Siapiapi.

Baca Juga: WHO Tetapkan Cacar Monyet Darurat Kesehatan Global

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X