Antisipasi Karhutla,Polres dan Pemkab Meranti Siap Siaga

- Sabtu, 23 Juli 2022 | 16:27 WIB
 (Nurokhim/HRC)
(Nurokhim/HRC)

HALUANRIAU.CO, MERANTI - Polres Kepulauan Meranti bersama pemerintah kabupaten (pemkab) terus bersiaga mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di daerah ini.

Seperti disampaikan Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Andi Yul LTG, bahwa dalam beberapa hari terakhir sudah ada kebakaran lahan dibeberapa Desa.

Untuk itu, lanjut Kapolres, ia telah memerintahkan personel Polres dan para Kapolsek untuk lebih siap siaga mengantisipasi karhutla. Termasuk juga penyampaian sosialisasi, penyebaran maklumat, melakukan patroli rawan karhutla.

"Itu semua sudah kita lakukan dengan meningkatkan kegiatan rutin seluruh personil. Sampai dengan memadamkan api bila ada lahan yang terbakar," ujarnya, Sabtu (23/7/2022) siang.

Lebih lanjut AKBP Andi Yul menyebutkan para personel Polsek bersama Babinsa, Kades, MPA di desa-desa dan melibatkan perusahaan beberapa hari belakangan ini sudah turun kelapangan untuk membantu memadamkan api.

"Dalam hal pemadaman karhutla, kita tentunya berkolaborasi dengan BPBD sebagai komandonya, TNI, Pemdes, dan MPA yang ada. Sehingga, dengan gerak bersama ini kita bisa dengan cepat memadamkan api bila terjadi kebakaran," sebutnya.

Baca Juga: Wakili Indonesia di IESO 2022, Gevin Kurniawan Anak Bintara Polres Siak, Satu-Satunya Pelajar Asal Sumatra

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kepulauan Meranti Rizki Hidayat SSTP MSi menyampaikan bahwa dalam pencegahan karhutla, pihaknya sudah memberikan sosialisasi surat edaran atau spanduk ke setiap kecamatan.

Hal itu, jelasnya, mengingat dari perkirakan BMKG bahwa pada bulan Juli hingga Agustus ini memasuki musim kemarau.

"Untuk pencegahan, kita bersama stake holder, yakni TNI dan Polri, MPA serta masyarakat menyusun strategi dalam penanganannya dengan satu komando yang di pimpin oleh BPBD," ujarnya.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X