Pemkab Inhu Raih Terbaik Kedua Pengelolaan SP4N-LAPOR

- Kamis, 21 Juli 2022 | 16:06 WIB
 (Jason/HRC)
(Jason/HRC)

HALUANRIAU.CO, INDRAGIRI HULU - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) meraih peringkat kedua pengelolaan SP4N-LAPOR di Provinsi Riau.

Adapun peringkat pertama diraih oleh Pemkab Siak dan peringkat ketiga diraih Pemkab Kampar.

Penetapan tersebut disampaikan oleh Staf Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tommy Putra Pratama Gunawan pada acara monitoring dan evaluasi pengelolaan SP4N-LAPOR di Kantor Gubernur Riau Pekanbaru, Kamis.

Tommy menjelaskan bahwa rata-rata tindak lanjut aduan di Pemkab Inhu mencapai 78 persen dengan rata-rata lama tindak lanjut 6,3 hari kerja.

"Semoga lama tindak lanjut dapat dipercepat hingga paling lambat 5 hari sesuai dengan rata-rata batas waktu secara nasional," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, indikator pelaksanaan monitoring dan evaluasi adalah surat keputusan keaktifan akun, data pengelolaan SP4N-LAPOR, kualitas tindak lanjut aduan dan rencana aksi.

Baca Juga: Ketidakstabilan Politik Dalam Negeri, PM Italia Memilih Mundur

Tommy menambahkan bahwa SP4N-LAPOR sangat penting karena memiliki urgensi yang merupakan hak masyarakat untuk mendapatkan pelayanan berkualitas dan juga sebagai bahan evaluasi dan klarifikasi bagi penyelenggara untuk memulihkan ketidakpuasan.

Dalam penyelenggaraan SP4N-LAPOR, penting juga untuk menjaga kerahasiaan pelapor dan isi laporannya sehingga masyarakat tidak takut menyampaikan aduannya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Inhu, Jawalter merasa bangga atas prestasi yang telah diraih Pemkab Inhu tersebut. Menurutnya, hal tersebut karena adanya dukungan dari Bupati dan Sekda serta seluruh kepala OPD yang telah memberikan perhatian penuh terhadap pengelolaan SP4N-LAPOR di Kabupaten Inhu.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mobil Patroli untuk Pelajar di Inhu dari Kopel Putih

Jumat, 26 Agustus 2022 | 19:57 WIB
X