Hadir Munas AKPSI Wabup Husni Perjuangan Nasib Petani Sawit

- Minggu, 17 Juli 2022 | 07:48 WIB
Istimewa
Istimewa

HALUANRIAU.CO, JAKARTA - Wakil Bupati Siak Husni Merza berharap melalui kebijakan yang di ambil pemerintah pusat, terhadap tata kelola perkebunan kelapa sawit, kedepan membawa angin segar.

Hal tersebut dikatakannya, ditemui usai mengikuti Musyawarah Nasional 1 Tahun 2022 Asosiasi Kabupaten Penghasil Sawit Indonesia (AKPSI) acara bertempat di ABC Internasional Stadium Ancol Jakarta, Sabtu (16/7/2022).

“Kita berharap melalui asosiasi AKPSI membawa kebaikan bagi penataan kelapa sawit di Indonesia. Terutama kabupaten Siak sebagian besar penduduknya bergantung hidup dari perkebunan kelapa sawit, ini efek positif terkait dengan kebijakan tersebut”Ujar Wabup Siak.

Untuk di ketahui, kabupaten Siak salah satu penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia, memiliki luas perkebunan kelapa sawit 107,420 ha, menghasilkan 500 ribu ton Crude Palm Oil (CPO) pertahun.

Baca Juga: Bujang Kampung Fokus Pelayanan Sosial dan Kependudukan Guna Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

“Untuk swadaya saja ada sekitar 200 ribu hektar lebih, belum lagi lahan sawit yang di miliki swasta dan juga BUMN. Jadi kita masuk salah satu kabupaten anggota Asosiasi Kabupaten Penghasil Sawit Indonesia (AKPSI),” ujarnya.

Acara itu, di buka oleh Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian dan pengarahan dari Menko Marves Luhut Binsar Panjahitan yang menyampaikan pengarahan menjelaskan kondisi aktifitas sawit di Indonesia, kata Husni. Termasuk berbagai persoalan yang dirasakan oleh masyarakat khususnya petani sawit.

“Tadi Pak Luhut menyampaikan saat ini sedang dilakukan audit terhadap kondisi perkebunan kelapa sawit di Indonesia baik yang di kelola swasta, BUMN maupun swadaya masyarakat. Audit ini dilakukan oleh Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Hasil dari audit itu nantinya, bisa menunjukan data dan fakta-fakta di lapangan tentang perkelapa sawitan di Indonesia,” ucapnya.

Baca Juga: Kapolres Meranti Terima Penghargaan Peringkat I Ops Tertib Ramadhan 2022 dari Kapolda Riau

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kunjungi Polsek Bungaraya Kapolres Tekan kan Hal Ini

Minggu, 25 September 2022 | 15:00 WIB

PKK Siak Raih Juara 2 Berkat Makanan Khas Sakai

Rabu, 14 September 2022 | 11:45 WIB

BOB Sebagai Operator Antara PT BSP dan Pertamina

Sabtu, 10 September 2022 | 10:52 WIB
X