Sedikitnya Tercatat 80 Hektare Lahan di Rohul Terbakar dan Berhasil Dipadamkan Tim Gabungan

- Selasa, 12 Juli 2022 | 14:56 WIB
 (Ramadhan/HRC)
(Ramadhan/HRC)

HALUANRIAU.CO, PASIR PENGARAIAN - Sedikitnya ada sekitar 80 hektare hutan di Desa Suka Maju, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) terbakar sejak Sabtu (09/07).

Diakui Kapolsek Rambah, IPTU Syafruddin, Selasa (12/07) atas kerjasama tim gabungan yang terdiri dari TNI, Polri dan BPBD Kabupaten Rokan Hulu, kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi di Desa Suka Maju berhasil dipadamkan setelah beberapa hari terbakar.

"Dapat kami laporkan dari lapangan, saat ini kondisi api telah padam. Langkah-langkah yang kami lakukan melakukan pendinginan dan pemadaman," jelas IPTU Syafruddin.

Diakui IPTU Syafruddin, dikarenakan keterbatasan alat, pemadaman dan pendinginan kebakaran oleh tim gabungan dilakukan secara manual, yakni dengan menggunakan ranking kayu dan air seadanya.

Baca Juga: Altus Klarifikasi Kepemilikan Hak Tanggungan atas Hotel Westin Ubud, Bali

"Untuk lahan yang terbakar ini, diperkirakan sekitar 80 hektare dengan kondisi lahan di daerah perbukitan," jelasnya.

Untuk menghindari terjadinya Karhutla, dia menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat, untuk tidak membuka lahan atau berkebun dengan cara membakar, hal ini dikarenakan sangat berbahaya baik bagi lingkungan maupun kesehatan.

Sementara itu, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02 Rambah Kodim 0313/KPR Serda Dedy Nofery Samosir mengatakan pencegahan kebakaran hutan dan lahan adalah tanggung jawab bersama dan bukan hanya tugas aparat TNI Polri dan BPBD saja.

Dia pun mengajak masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam menjaga kelestarian hutan dan alam.

"Masyarakat kita ajak berperan aktif untuk mencegah Karhutla, mari secara bersama kita cegah Karhutla di Kabupaten Rokan Hulu," tutupnya.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

22 Atlet PBVSI Rohul Siap Ikuti Porda Riau 2022

Minggu, 19 Juni 2022 | 17:56 WIB

RKPD Rohul Tahun 2023 Memasuki Tahap Finalisasi

Minggu, 19 Juni 2022 | 16:46 WIB
X