Taja Dialog Interaktif Jaga Desa, Ketua Apdesi Siak Merasa Terbantu Meminimalisir Penyalahgunaan Dana Desa

- Kamis, 7 Juli 2022 | 16:22 WIB
Suasana Dialog Interaktif yang ditaja Kejari Siak (Dolly/HRC)
Suasana Dialog Interaktif yang ditaja Kejari Siak (Dolly/HRC)

Taja Dialog Interaktif Jaga Desa, Ketua Apdesi Siak Merasa Terbantu Dalam Meminimalisir Penyalaggunaan Dana Desa

HALUANRIAU.CO, SIAK - Kejaksaan Negeri Siak menggelar dialog interaktif melalui Radio Republik Indonesia (RRI) Pro 1 Pekanbaru, Kamis (7/7).

Dialog Interaktif dengan judul Program Jaga Desa yang ditaja Kejari Siak tersebut dilaksanakan oleh bidang Intelijen yang dipimpin langsung oleh Kepala Seksi Intelijen Saldi SH, dengan narasumber Agung Sugoro Putra yang merupakan Kabid Pemerintahan dan Keuangan Kampung DPMK Siak, Perwakilan Penghulu Juprianto S.Sos MIP yang merupkan penghulu Kampung Tualang sekaligus Ketua DPC Apdesi Kabupaten Siak.

Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Siak, Saldi SH menyampikan kepada haluanriau.co, bahwa dialoq interaktif program jaga desa yang ditaja ini merupakan giat penkum dengan program jaksa menyapa yang menjadi salah satu kegiatan sosialisasi kepada masyarakat.

Masih Kata Saldi, kegiatan jaksa menyapa dengan program jaga desa merupakan pendampingan terhadap pemerintah desa dalam penggunaan dana desa agar dalam kegiatan pelaksanaan serta penggunaan dan penyaluran dana desa tersebut tidak terjadi penyelewengan dana.

Baca Juga: MoU dengan BRIN, Pemkab Kampar Diminta Segera Bentuk BRIDA

Selain itu, pada teknis serta dalam pelaksanaannya tim jaga desa turun langsung ke setiap desa memberikan sosialisasi dan informasi kepada perangkat kampung dengan maksud dan tujuan memberikan pemahaman dan pengetahuan pengelolaan dana desa secara akuntabel, kata dia menambahkan.

Terpisah, Ketua Apdesi Kabupaten Siak yang merupakan Kepala Kampung Tualang Juprianto mengatakan, selama adanya program jaga desa ini, kami para kepala kampung beserta perangkat merasa semakin dekat dan bersahabat dengan pihak kejaksaan.

“Sehingga kami merasa sangat terbantu dalam meminimalisir penyelewengan anggaran dana desa,” tutur Kepala Kampung Tualang dua periode itu.

Selain itu, dengan adanya peran jaga desa ini juga dapat memaksimalkan penyaluran dana desa serta mengurangi pelanggaran hukum yang dilakukan oleh pemerintah desa, kata dia lagi.

Senada dengan Ketua Apdesi Kabupaten Siak, pihak DPMK Kabupaten Siak yang diwakili oleh Agung Sugoro Putra berharap dalam pelaksanaan program jaga desa yang dilaksanakan di Kabupaten Siak hendaknya berlangsung secara continiue.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X