Minggu Depan Lapas Bangkinang Mulai Buka Layanan Kunjungan Tatap Muka, Ini Syaratnya

- Kamis, 7 Juli 2022 | 13:16 WIB
 (Amri/HRC)
(Amri/HRC)

HALUANRIAU.CO, KAMPAR - Kepala Lembaga Pemasyarakan Kelas IIA Bangkinang, Kanwil Kemenkumham Riau Sutarno, mensosialisasikan mekanisme kunjungan tatap muka kepada masyarakat yang merupakan keluarga dari warga binaan, Kamis (7/6). Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh kelurga warga binaan agar bisa betemu secara langsung.

Hal ini merupakan tindaklanjut dari Surat Edaran Ditjen Pemasyarakatan Nomor: PAS-12.HH.01.02 Tahun 2022 tentang penyesuaian mekanisme terhadap layanan kunjungan secara tatap muka dan pembinaan yang melibatkan pihak luar.

Kalapas, sebelumnya juga telah mensosialisasikan surat edaran ini kepada jajarannya dan wargabinaan, setelah melaksanakan rapat dinas, yang mana telah menetapkan beberapa kebijakan.

Sosialisasi ini dilakukan di waktu layanan penitipan paket WBP yang dialaksanakan dihalaman Kantor Lapas setempat. Dalam sosialisasi itu Kalapas menyampaikan beberapa syarat yang harus dipenuhi keluarga WBP untuk menerima layanan kunjungan tatap muka sesuai dengan persyarat yang telah diatur dalam Surat Edaran Ditjen Pas.

Baca Juga: Nobar MXGP Samota, Capella Honda juga Ajak Komunitas Honda CRF150 Gelar Aksi Sosial

“Kunjungan tatap muka hanya bisa diberikan kepada keluarga inti dari wargabinaan yang dibuktikan dengan adanya Kartu Keluarga (KK) Asli. Jadi ketika berkunjung, Bapak Ibu harus membawa Kartu Keluarga dan juga menyertakan Fotocopy KTP agar dapat diverifikasi langsung oleh petugas kami,” kata Sutarno.

Dia menjelaskan sesuai dengan surat edaran itu, dikarenakan masih dalam kondisi pandemi Covid-19, pengunjung harus menunjukkan kartu sertifikat vaksin atau melalui Aplikasi PeduliLindungi.

(Amri/HRC)
Dikatakan Sutarno, pihaknya sudah menyiapkan barcode Peduli Lindungi untuk pengecekan kelengkapan vaksin bagi pengunjung. Ketika vaksisn sudah lengkap tidak diperlukan lagi swab atau rapid antigen, namun jika vaksin belum lengkap harus melakukan swab atau rapid antigen.

"Untuk mempermudah Bapak Ibu, kami akan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas Bangkinang Kota untuk dapat melakukan swab atau rapid antigen dan akan disiapkan konternya,” jelas Sutarno.

Sutarno menerangkan, Lapas Bangkinang akan membuka kunjungan tatap muka mulai Senin, 11 Juli 2022 dengan jadwal mulai Senin - Kamis Pukul 08.30 WIB-11.30 WIB.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rendi Winata Resmi Jabat Kasi Intel Kejari Kampar

Kamis, 11 Agustus 2022 | 18:46 WIB

Lapas Bangkinang Terima 12 Orang Tahanan Baru

Kamis, 28 Juli 2022 | 17:47 WIB
X