Langgar Keimigrasian, Pencari Suaka Asal Myanmar Segera Disidangkan

- Rabu, 6 Juli 2022 | 19:35 WIB
Pencari Suaka asal Myanmar YNM berada di Lapas Bagansiapiapi
Pencari Suaka asal Myanmar YNM berada di Lapas Bagansiapiapi

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Seorang pencari suaka asal negara Myanmar inisial YNM segera menjalani persidangan karena diduga melakukan tindak pidana keimigrasian. Dia telah ditahan sejak 23 Juni 2022 kemarin.

Dikatakan Theodorus Simarmata, YNM ditangkap pada 2 Juni 2022 lalu oleh petugas Imigrasi pada bagian loket penerimaan berkas permohonan Dokumen Perjalanan Republik Indonesia (DPRI/Paspor) pada Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bagansiapiapi.

"Kita menangkap pelaku karena dicurigai sebagai WNA yang akan membuat Paspor RI. Saat ini yang bersangkutan telah ditahan di Lapas Bagansiapiapi," ujar Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Riau Mhd Jahari Sitepu melalui Kepala Divisi Keimigrasian itu, Rabu (6/7).

Baca Juga: Tingkatkan Akses Layanan Spesialis, RS Ibnu Sina Lakukan Revitalisasi Poliklinik Sore

Tindak lanjutnya, kata Theo, pihaknya sedang melakukan proses projustisia dengan berkolaborasi dengan pihak terkait lainnnya.

Untuk menghindari pembiaran dan pemikiran kebal hukum terhadap pengungsi dan pencari suaka di negara yang berdaulat serta sebagai shock teraphy kepada pengungsi lain, pihaknya melakukan koordinasi ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Rokan Hilir (Rohil) dan Pengadilan Negeri (PN) setempat.

"Kami perlu dukungan dalam menangani kasus projustitia agar pengungsi tidak semena-mena berada di Indonesia khususnya di Riau. Saya ingatkan semuanya untuk mengikuti aturan yang berlaku. Jangan membuat kegaduhan di negeri ini," tegas Theo.

Baca Juga: Kejagung Diminta Segera Usut, Ormas PETIR: Periksa yang Bikin Peraturan Bupati tentang ADD di Bengkalis

Lebih lanjut, dirinya memberi masukan kepada Kanim Bagansiapiapi agar selama proses persidangan untuk selalu berkoordinasi dengan UNHCR, organisasi PBB sebagai penanggungjawab pengungsi sejak awal masuk sampai keluar Indonesia.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

6 Personel Polda Riau Raih Penghargaan Medali PBB

Kamis, 18 Agustus 2022 | 19:21 WIB

Kota Pekanbaru Masuk Penilaian Adipura 2022

Rabu, 17 Agustus 2022 | 16:01 WIB
X