DPRD Desak Pemprov Riau Bangun Sekolah Baru

- Selasa, 5 Juli 2022 | 16:28 WIB
Gedung DPRD Pekanbaru  (Istimewa)
Gedung DPRD Pekanbaru (Istimewa)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru berharap akan ada penambahan pembangunan sekolah baru tingkat SMA dan SMK Negeri untuk Kota Pekanbaru.

Permintaan itu mengingat masih banyak siswa lulusan SMP belum tertampung di SMA Negeri lantaran terlendala penerapan sistem zonasi penerimaan.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Pekanbaru Ervan, Selasa (5/7), mengakui bahwa pihaknya banyak menerima laporan dari masyarakat akan hal itu. "Banyak siswa-siswi tamatan SMP yang tidak bisa masuk ke SMA Negeri. Tentu ini menjadi perhatian, jadi kita imbau kepada pemerintah provinsi agar bisa menambahlah SMA/SMK yang ada di Kota Pekanbaru ini sehingga anak-anak kita bisa tetap masuk ke sekolah yang dituju," tegas Ervan.

"Kendalanya itu masyarakat susah mau masuk ke SMA/SMK karena kesulitan mencari zonasinya. Kadang-kadang (zonasi) tidak tepat, mau masuk sekolah yang ini terlalu jauh, mau masuk sekolah yang dekat rumah tidak bisa masuk. Jadi solusinya ya bangunan SMA/SMK ini perlu ditambah," sambungnya menjelaskan alasan.

Banyaknya SMA yang tidak bisa menampung semua siswa yang baru lulus SMP ini disebabkan karena jumlah SMP Negeri tidak sebanding dengan SMA/SMK Negeri di Kota Pekanbaru.

Baca Juga: Kapolres dan Bupati Meranti Ikuti Upacara Hari Bhayangkara Secara Virtual

"Saat ini masalahnya jumlah SMA tidak seimbang dengan jumlah SMP yang ada di Pekanbaru. Di Pekanbaru, untuk SMP Negeri itu sekitar 48, dan untuk SMA Negeri lebih kurang sekitar 22. Jadi ini penyebarannya tidak seimbang," ujarnya.

Politisi Gerindra ini menilai, penerapan sistem zonasi ini selayaknya harus diimbangi pemerataan sekolah memadai sehingga permasalahan PPDB ini tidak muncul setiap kali tahun ajaran baru.

Terutama keberadaan sekolah sangat dibutuhkan didaerah yang memiliki pemukiman padat penduduk seperti di Kecamatan Tuah Madani, Kecamatan Bina Widya, Kecamatan Payung Sekaki dan Kecamatan Tenayan Raya.

(Mal)

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X