Kembali Berinovasi Lapas Bangkinang Hadirkan Program Budidaya Jambu Kristal, Bekal Bagi Warga Binaan

- Senin, 4 Juli 2022 | 16:01 WIB
Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Bangkinang Sutarno, saat prosesi penanaman Jambu Kristal (Amri/HRC)
Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Bangkinang Sutarno, saat prosesi penanaman Jambu Kristal (Amri/HRC)

HALUANRIAU.CO, KAMPAR - Setelah sukses menjalankan berbagai program pembinaan Lapas Kelas IIA Bangkinang kembali menguluarkan inovasi baru untuk menunjung kemandiriana warga binaan. Kali ini yang menjadi produk kemandirian pihak lapas adalah budidaya jambu kristal.

Jambu kristal ini ditanam di lahan kosong seluas 2 hektar, proses penanaman diikuti oleh Kalapas Bangkinang, Sutarno, Pejabat Struktural dan Staf serta warga binaan yang turut membantu penanaman jambu kristal sebanyak 120 batang.

"Pemilihan budidaya jambu kristal sebagai pembinaan kemandirian WBP, karena selain enak, jambu kristal ini juga memiliki segudang manfaat yang baik untuk tubuh," ujar Kalapas, Senin (4/7).

“Jambu kristal ini memiliki kandungan vitamin A dari beta karoten. Seperti jambu biji pada umumnya, jambu kristal kaya akan vitamin C, vitamin B1, vitamin B2 dan kandungan gizi lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan,” sambungnya.

Baca Juga: Ini Tips Berboncengan dengan Posisi Menyamping

Dengan segudang manfaat itu, dia berharap jambu kristal ini dapat laku dipasaran dan dapat menjadi gambaran sumber mata pencarian dari wargabinaan selepas menjalani pembinaan.

Dikatakan Sutarno, pihaknya selalu berupaya menempa dan membentuk warga binaan yang produktif sehingga memiliki bekal ilmu setelah selesai menjalani hukuman.

“Kegiatan pelatihan yang gencar kami berikan kepada warga binaan, merupakan upaya dari kami untuk membentuk warga binaan yang produktif dan dapat bermanfaat dilingkungannya nanti setelah selesai menjalani pidananya,” jelasnya.

"Ketika sudah menghasilkan buah dan sudah dipasarkan, hasil omzet penjualan budidaya jambu kristal warga binaan ini akan disetorkan ke kas negara melalui pembayaran PNBP, sehingga wargabinaan Lapas Bangkinang turut andil dalam memberikan kontribusi kepada Negara," pungkasnya.

Baca Juga: Kajati Riau Resmikan Rumah Adhyaksa Seiya Sekata Kejari Pelalawan

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rendi Winata Resmi Jabat Kasi Intel Kejari Kampar

Kamis, 11 Agustus 2022 | 18:46 WIB

Lapas Bangkinang Terima 12 Orang Tahanan Baru

Kamis, 28 Juli 2022 | 17:47 WIB
X