Peringatan Harganas, BKKBN Kukuhkan KSAD Jadi Duta BAAS

- Kamis, 30 Juni 2022 | 08:36 WIB
Kepala Perwakilan BKKBN Riau, Mardalena Wati saat pengukuhan KASAD jadi duta BAAS di Kampung KB di Kelurahan Sri Meranti, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru  (Nie/HRC)
Kepala Perwakilan BKKBN Riau, Mardalena Wati saat pengukuhan KASAD jadi duta BAAS di Kampung KB di Kelurahan Sri Meranti, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru (Nie/HRC)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengukuhkan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman menjadi Duta Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS).

Pengukuhan tersebut digelar Rabu (29/6) bertepatan dengan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas), dimana dipusatkan di Kampung KB di Kelurahan Sri Meranti, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru.

Hadir dalam pengukuhan yang digelar secara virtual tersebut, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Mardalena Wati Yulia, Kolonel Inf Habzen Sianturi, Perwakilan Organisasi KB Provinsi Riau, Mewakili Pj Walikota Peknbaru, dan Kepala OPD KB Kota Pekanbaru, M Amin dan pihak terkait lainnya.

Disela-sela acara virtual, Mardalena mengatakan bahwa Harganas kali ini menjadi berbeda karena ada unsur gotong royong yakni partisipasi pemerintah, masyarakat, dunia usaha, akademisi dan media, melalui apel siaga program Bapak Asuh Anak Stunting.

"Jadi memang kita mengikuti secara nasional karena berlangsung di semua daerah, untuk mengikuti pengukuhan KSAD sebagai BAAS, maka khusus di Riau, kita harapkan agar banyak yang bersedia menjadi BAAS," katanya.

Baca Juga: Sempena Hari Bhayangkara Ke-76, Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal Pimpin Ziarah ke TMP Kusuma Dharma

Mardalena juga mengatakan bahwa berbagai upaya dilakukan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) untuk menurunkan angka kasus stunting yang pada 2013 masih berada pada prevalensi 37,8% dan pada 2019 berhasil diturunkan menjadi 27,6% dan saat ini berada pada angka 24%. BKKBN terus berupaya dengan berbagai cara untuk mencapai target penurunan stunting nasional menjadi 14% pada 2024.

Sementara itu, Habzen Sianturi mengatakan jajaran TNI di daerah siap untuk melaksanakan perintah KSAD yaitu menurunkan angka stunting.

"Tentu ini adalah bagian dari tanggung jawab kita semua, kita berupaya bergandengan tangan untuk mewujudkan Indonesia sehat tahun 2045," katanya.

Disisi lain, Pj Walikota Pekanbaru diwakili, Helda S Munir mengatakan saat ini fokus bersama adalah menurunkan stunting.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Terkini

X