Dinas Pertanian Dukung Budidaya Sorgum di Kabupaten Inhu

- Rabu, 29 Juni 2022 | 19:31 WIB
Alfendrianto, S.ST Kabid Tanaman Pangan Holtikultura Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Inhu (Eka/HRC)
Alfendrianto, S.ST Kabid Tanaman Pangan Holtikultura Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Inhu (Eka/HRC)

HALUANRIAU.CO, RENGAT - Dinas Pertanian dan Perikanan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), mendukung rencana Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) mengembangkan budidaya tanaman Sorgum salah satu tanaman alternatif pangan.

Sorgum merupakan tanaman serealia lain seperti jagung, padi dan gandum. Sorgum bisa dipanen hingga tiga kali dalam sekali tanam seperti tanaman padi. Namun, Sorgum lebih mirip dengan tanaman jagung.

Sorgum
Kepala Bidang Tanaman Pangan Holtikultura Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Inhu, Alfendrianto, S.ST, Rabu (28/6) menyebutkan, Pemkab Inhu sangat mendukung rencana HKTI memperluas areal tanam budidaya Sorgum di Kabupaten Inhu. Tentunya, ini dapat membantu meningkatkan ekonomi petani dan perluasan areal tanaman pangan di Riau.

"Kita sudah mulai sosialisasikan kepada kelompok kelompok tani tentang budidaya Sorgum sebagai tanaman alternatif pangan. Alhamdulillah, petani sangat merespon dan sudah menyiapkan lahan untuk program tersebut," ujar Alfen.

Terkait pemasaran Sorgum, jelas Alfen, saat ini masih ditangani oleh HKTI. Ptogramnya kerjasama antara HKTI dengan petani dan hasil produksi nantinya akan ditampung oleh HKTI itu sendiri.

"Kerjasama mulai dari modal, bibit, perawatan dan pendampingan sampai produksi ditanggung oleh HKTI. Petani tinggal menyiapkan lahan dan siap dibimbing dalam budidaya tanaman ini," jelasnya.

Salah seorang petani di Desa Pematang Jaya, Kecamatan Rengat Barat, Yanto Efendi menuturkan bahwa telah menyiapkan lahan seluas 2 hektar untuk program budidaya tanaman Sorgum. Dia mengakui bahwa tanaman ini dapat menambah penghasilan petani ditengah tidak menentunya harga sawit yang dialami petani.

"Kami sangat mendukung Sorgum ini. Dan kami lihat petani di daerah lain juga sudah berhasil dalam budidaya Sorgum. Petani saat ini juga harus segera mencari alternatif tanaman yang dapat menghasilkan produksi yang memadai agar tidak terpaku dalam tanaman perkebunan saja," sebutnya.

Zuhdi Anshari

Baca Juga: Disbun dan Apkasindo Datangi Pabrik Sawit di Inhu Pantau Harga TBS Petani Swadaya

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Alat Berat Diamankan, Polhut Sebut Ini

Jumat, 1 Juli 2022 | 17:05 WIB
X