Marsma TNI Ian Fuady Resmi Jabat Danlanud RSN Pekanbaru

- Senin, 27 Juni 2022 | 18:38 WIB
Sertijab Danlanud RSN Pekanbaru dari Marsma TNI Andi Kustoro kepada Marsma TNI Ian Fuady (Dodi/HRC)
Sertijab Danlanud RSN Pekanbaru dari Marsma TNI Andi Kustoro kepada Marsma TNI Ian Fuady (Dodi/HRC)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Marsma TNI Ian Fuady resmi menjabat Komandan Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin Pekanbaru, menggantikan Marsma TNI Andi Kustoro. Serah terima jabatan itu dilaksanakan di Apron Baseops Lanud RSN Pekanbaru, Senin (27/6).

Kegiatan tersebut dipimpin Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsud) I Marsda TNI Tedy Rizalihadi. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Gubernur Syamsuar, dan segenap unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Riau serta undangan lainnya.

Dikatakan Marsda TNI Tedy, setiap pergantian jabatan harus dimaknai sebagai peristiwa yang penting. Pergantian jabatan kata dia, diharapkan akan dapat meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas, serta terpeliharanya kegairahan kerja organisasi.

Ia menyatakan, tantangan tugas yang dihadapi ke depan pastinya semakin dinamis dan kompleks.

"Namun semua harus mampu kita laksanakan dalam bentuk wujud kehadiran TNI Angkatan Udara yang memiliki visi pertahanan yang tepat melalui assessment yang tajam terhadap persepsi ancaman yang paling potensial yang akan kita hadapi," ujar Pangkoopsud I.

Baca Juga: Konflik Satwa Liar Di Kuansing, Petani Karet Diserang Beruang

Terkait dengan hal itu, lanjut dia, keberadaan lanud menjadi sangat penting dan strategis. Khususnya lanud yang memiliki skadron udara dan alutsista handal, seperti halnya Lanud RSN Pekanbaru.

Diungkapkannya, Lanud RSN Pekanbaru memiliki posisi strategis, yang keberadaan dekat dengan Selat Malaka dan berbatasan langsung dengan negara tetangga, yakni Malaysia dan Singapura.

Di satu sisi, sebut dia, ini menguntungkan, terutama dalam membangun kerjasama bilateral, khususnya bidang pengamanan wilayah perbatasan dan pelatihan militer bersama. Namun, rentan pula terjadi pelanggaran wilayah udara yang sangat merugikan.

"Tapi ini dapat ditangani baik oleh Lanud RSN. Di samping itu dalam operasi militer selain perang, khususnya dalam penanganan karhutla. Berkat profesionalisme personel Lanud RSN yang berperan aktif dalam penanganan Karhutla yang terjadi di Riau. Sehingga dapat terus mengukir prestasi pengabdian kepada NKRI," kata dia.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X