19 Provinsi Ditemukan Wabah PMK Jelang Idul Adha 1443 H, Distankan: Pekanbaru Masih Aman

- Senin, 27 Juni 2022 | 15:54 WIB
Ilustrasi hewan kurban (Pixabay)
Ilustrasi hewan kurban (Pixabay)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Sebanyak 19 provinsi yang berada di Indonesia telah ditemukan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang ternak menjelang Idul Adha 1443 H mendatang.

Dikutip dari DW Indonesia (27/5/2022), Jubir Satgas Covid-19, Prof Wiku Adisasmito menjelaskan bahwa per-21 Juni 2022, sebanyak 19 Provinsi dan 208 Kabupaten/Kota sudah terdapat PMK dimana 5 provinsi terjangkit tertinggiadalah Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Aceh, Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kepala Bidang Peternakan Distankan Pekanbaru, Herlandria menjelaskan bahwa pihaknya telah memeriksa lebih dari 3.000 ekor hewan kurban sebagai antisipasi sebaran wabah tersebut.

Herlandia menyebutkan bahwa hingga saat ini untuk Kota Pekanbaru sendiri belum ada ditemukannya penyakit tersebut, namun demikian untuk kedepannya dirinya tidak berani untuk menjamin hal tersebut.

Baca Juga: Diikuti 40 Peserta, CSR PT IKPP Taja Pelatihan Tata Boga Bersama Griya Foods Pekanbaru

"Untuk saat ini dari yang sudah kita periksa masih aman, tapi belum tahu untuk ke depannya. Karena penularan virus yang menyebabkan PMK itu sangat cepat," ucapnya, Senin ( 27/6).

Lebih lanjut Herlandia menerangkan bahwa pihaknya juga telah memeriksa kelapangan kondisi fisik hewan-hewan kurban apakah memenuhi syarat untuk disembelih atau tidak.

"Mungkin ada hati yang ganjil atau ada kondisi daging yang diragukan. Tim nanti akan turun memantau ke lapangan. Masyarakat juga bisa melapor ke kita," tutupnya.

Baca Juga: Dinilai Kooperatif dan Hamil Tua, Dua Tersangka Dugaan Korupsi Dana BOK Puskemas KKH I Belum Ditahan

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: pekanbaru.go.id, DW

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X