Bapas Kelas II Pekanbaru Adakan Rapat Kordinasi Pembentukan Rumah Singgah Wilayah Riau

- Rabu, 22 Juni 2022 | 10:07 WIB
 (Dolly/HRC)
(Dolly/HRC)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) menginisiasi pembentukan rumah singgah “Griya Abhipraya“ sebagai wadah pemberdayaan POKMAS LIPAS sekaligus mendukung penerapan Keadilan Restoratif  khususnya di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, selasa (21/6).

Terkait dengan hal ini, Bapas Pekanbaru terpilih sebagai salah satu dari 8 wilayah piloting untuk kegiatan prioritas nasional pemberdayaan masyarakat tahun 2022.

Acara yang ditaja di Ballroom Hotel Pangeran tersebut dihadiri Perwakilan dari Ditjenpas, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau beserta jajaran, perwakilan pemerintah daerah, perwakilan anggota POKMAS LIPAS dan para Pembimbing Kemasyarakatan Bapas Pekanbaru selaku tuan rumah.

Sebelum acara dimulai, kegiatan dibuka dengan tari persembahan khas Melayu yang dibawakan oleh para pegawai Bapas Pekanbaru.

Selain itu, sambutan dari Pembimbing Kemasyarakatan Ahli Madya - Koordinator Pembimbingan dan Pengawasan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan yakni Bapak Dasep Rana Budi, S.Sos., Msi.

Baca Juga: Pantang Jenuh, Berikut 5 Aktivitas Menarik Perjalanan Mudik

Dalam sambutannya, Beliau menyampaikan bahwa rapat koordinasi ini merupakan bentuk asistensi dan pendampingan dari Ditjenpas, sebagai instansi yang menginisiasi pembentukan POKMAS LIPAS dan upaya peningkatan pelibatan dan pemberdayaannya dalam penyelenggaraan pemasyarakatan.

Ditempat yang sama,Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau, Jahari Sitepu, S.H., M.Si. Dalam sambutannya mengucapkan serta memberikan apresiasi kepada Bapas Pekanbaru yang telah berhasil membentuk dan mengupayakan pemberdayaan POKMAS LIPAS sebagai program prioritas nasional Ditjenpas.

“Saya harap kegiatan rakor ini dapat menjadi wadah sekaligus sarana dalam menggali dan menciptakan peluang-peluang kolaborasi, terutama antara Pemerintah Kota Pekanbaru, Bapas Pekanbaru dan POKMAS LIPAS yang kedepannya dapat menjadi pemantik bagi keterlibatan institusi pemerintah lainnya untuk berkolaborasi dan mengembangkan jejaring kerja melalui Rumah Singgah “Griya Abhipraya” agar pemberdayaan yang dilakukan POKMAS LIPAS makin berdaya dan bersinergi dengan program yang diusung pemerintah,” kata dia.

Tidak hanya sampi disitu, selepas isoma, kegiatan dilanjutkan dengan sesi sharing antara POKMAS LIPAS Bapas Pekanbaru, Unsur Pemerintah Kota Pekanbaru, dan Lapas/ Rutan se-Kota Pekanbaru terkait dengan gagasan Pembentukan Rumah Singgah "Griya Abhipraya".

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPRD Desak Pemprov Riau Bangun Sekolah Baru

Selasa, 5 Juli 2022 | 16:28 WIB
X