Peduli Kesehatan Warga Binaan, Lapas Bangkinang Lakukan Penyuluhan dan Skrining Tuberkulosis

- Jumat, 17 Juni 2022 | 09:29 WIB
Penyuluhan dan skrinning TB kepada warga binaan di Lapas Bangkinang (Istimewa)
Penyuluhan dan skrinning TB kepada warga binaan di Lapas Bangkinang (Istimewa)

HALUANRIAU.CO, KAMPAR - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bangkinang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kampar dan UPT Puskesmas Bangkinang Kota melakukan penyuluhan dan skrining, Kamis (16/6). Hal ini dilakukan dalam upaya pencegahan dan pengendalian infeksi tuberkulosis (TB Paru) pada warga binaan.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Lapas Bangkinang ini adalah bentuk kesadaran pihak lapas akan bahaya penyakit TB mengingat kondisi lapas yang begitu rentan terhadap penyebarannya.

Tuberkulosis (TB) yang juga dikenal dengan TBC merupakan penyakit menular yang menyebabkan masalah kesehatan terbesar kedua di dunia setelah HIV.

Baca Juga: Mantan Bupati Inhil Indra Muchlis Adnan dan Direktur PT GCM Zainul Ikhwan Disinyalir Rugikan Negara Rp1,1 M

Penyakit ini disebabkan oleh basil dari bakteri Mycobacterium tuberculosis yang dapat menyerang bagian tubuh manapun, tetapi yang paling umum adalah infeksi tuberkulosis pada paru-paru.

Penyebaran penyakit ini dapat terjadi melalui semburan air liur dari batuk atau bersin dari pengidap TB yang telah terkontaminasi dan terhirup oleh orang sehat yang kekebalan tubuhnya lemah.

Walaupun biasanya menyerang paru-paru, penyakit ini dapat memberi dampak juga pada tubuh lainnya seperti sistem saraf pusat, jantung, kelenjar getah bening, dan lainnya.

Kepala Lapas Bangkinang Sutarno yang diwakili Kepala Seksi Binaan Anak Didik, Erik S. Ginting menuturkan penyuluhan penyakit TB ini adalah upaya pencegahan dan pengendalian terjadinya infeksi tuberkulosis pada warga binaan.

Baca Juga: Inkrah, Jaksa Eksekusi Mantan Camat Tenayan Raya Abdimas Syahfitrah

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lapas Bangkinang Terima 12 Orang Tahanan Baru

Kamis, 28 Juli 2022 | 17:47 WIB

Dinkes: Kabupaten Kampar Nol Kasus Covid-19

Selasa, 19 Juli 2022 | 17:41 WIB
X