Ops Patuh Lancang Kuning 2022 , Satlantas Polresta Pekanbaru Imbau Pengendara Soal Penggunaan Sendal Jepit

- Kamis, 16 Juni 2022 | 11:56 WIB
Ops Patuh Lancang Kuning 2022 yang digelar oleh Satlantas Polresta Pekanbaru (Akmal)
Ops Patuh Lancang Kuning 2022 yang digelar oleh Satlantas Polresta Pekanbaru (Akmal)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Satuan Lalulintas (Satlantas) Kepolisian Resor Kota (Polresta) Pekanbaru menerapkan Jukrah (petunjuk dan arahan) dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dalam Operasi Patuh Lancang Kuning 2022.

Yakni soal penggunaan sendal jepit bagi penggendara sepeda motor. Dalam pelaksanaannya, Satuan Tugas (Satgas) preemtif Ops Patuh Lancang Kuning 2022 memberikan imbauan terkait akan hal itu.

"Satgas Preemtif yang dipimpin Unit Kamsel sudah melalukan imbauan dan edukasi keselamatan berlalu lintas guna menekan angka laka lantas," terang Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Pria Budi melalui Kasatlantas Polresta Pekanbaru Kompol Angga Wahyu Prihantoro, Kamis (16/6).

Baca Juga: Jasa Raharja Dumai Berikan Jaminan Penumpang Kapal Laut Rute Malaysia

Dalam imbauannya, Satgas Preemtif mengingatkan agar pengendara roda dua tidak memakai sendal jepit, sebab hal itu dinilai berbahaya dan mengancam keselamatan pengendara sendiri.

"Sesuai dengan jukrah Korlantas yang bertujuan untuk mengajak masyarakat tertib dalam disiplin berlalu lintas, itu menjadi sasaran utama. Kedua adalah menurunkan angka pelanggaran maupun angka fatalitas korban kecelakaan lalu lintas," ulasnya.

Sebagaimana imbauan yang digaungkan oleh Korlantas Polri beberapa waktu lalu, penggunaan sendal jepit tidak ada proteksi jika 'bersentuhan' dengan aspal. Lain hal jika menggunakan sepatu, tingkat fatalitas pengendara akan lebih minim.

Baca Juga: Usai Diperiksa, Buronan Perkara Korupsi Pembangunan Puskemas Pulau Burung Langsung Dibui

Dalam penerapannya, pengendara yang kedapatan menggunakan sendal jepit tidak dilakukan penindakan secara hukum, hanya sebatas diberikan teguran dan pemahaman.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

6 Personel Polda Riau Raih Penghargaan Medali PBB

Kamis, 18 Agustus 2022 | 19:21 WIB

Kota Pekanbaru Masuk Penilaian Adipura 2022

Rabu, 17 Agustus 2022 | 16:01 WIB
X