PT Arara Abadi Diduga Serobot Kebun Masyarakat

- Rabu, 15 Juni 2022 | 22:43 WIB
PT Arara Abadi memanen akasia liar beberapa bulan lalu di kebun masyarakat (Istimewa)
PT Arara Abadi memanen akasia liar beberapa bulan lalu di kebun masyarakat (Istimewa)

HALUANRIAU.CO, SIAK - PT Arara Abadi diduga menyerobot kebun sawit masyarakat, di atas lahan yang sudah diterbitkan alas hak kepada masyarakat. Perusahaan pemasok bahan baku bubur kertas itu melakukan pembersihan, dengan menumbang batang sawit yang telah ditanami masyarakat.

Selain itu, perusahaan juga mengambil kayu akasia yang tumbuh liar di atas lahan warga.

Informasi yang dihimpun awak media, kayu itu digunakan untuk memasok bahan baku kertas PT Indah Kiat di Perawang, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau.

Sugianto, pemilik kebun yang dirusak oleh perusahaan mengaku kesal, pasalnya pasca pengrusakan sudah dilakukan pertemuan, dan perusahaan berjanji akan membayar ganti rugi atas tanaman sawit yang ditumbang dengan ekskavator oleh perusahaan.

Baca Juga: Kasi Kesejahteraan Sosial Kandis Diperiksa dalam Perkara Korupsi Bansos Fakir Miskin dan Anak Cacat

"Ini tanah saya, saya beli, suratnya jelas, pihak saksi baik penjual lahan dan sempadan tanah masih hidup. Saya sudah berkomunikasi dengan pemerintah kecamatan dan disampaikan bahwa perusahaan tidak mengantongi izin di lahan ini. Saya mintak pertanggungjawaban dari perusahaan, ini tindakan melawan hukum, penyerobotan lahan, tolong diganti tanaman saya yang sudah dirusak," ungkap Sugianto kepada Haluanriau co, Rabu (15/6/22).

Lebih lanjut Sugianto mengaku kesal atas ulah perusahaan, ditengah upaya pemerintah pusat yang gencar melakukan pembebasan lahan, mengeluarkan izin pengelolaan hutan untuk tanaman rakyat, perusahaan bukan membantu rakyat, namun justru membuat kejahatan, merusak tanaman masyarakat.

"Saya akan membuat surat ke Kementerian Kehutanan, mempertanyakan izin dan tindakan hukum untuk perusahaan nakal ini," tegasnya.

"Setelah lahan saya dirusak, saya hubungi humas PT Arara Abadi, dibuat pertemuan, dalam pertemuan itu disepakati, perusahaan bertanggungjawab akan mengganti rugi atas tanaman kelapa sawit saya yang dirusak. Namun yang terjadi bukan ada ganti rugi, Minggu kemaren saya melihat kebun saya sudah ditanami Akasia," tegasnya.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PT Arara Abadi Diduga Serobot Kebun Masyarakat

Rabu, 15 Juni 2022 | 22:43 WIB
X