Dorong Digitalisasi Usaha Pariwisata, Dispar Siak Gandeng Bank Riau Kepri dan Tiket.com

- Selasa, 14 Juni 2022 | 20:39 WIB
 (Dolly/HRC)
(Dolly/HRC)

HALUANRIAU.CO, SIAK - Dinas Pariwisata Kabuptaen Siak melaksnakan kegitan Sosialisasi tentang Digitalisai Usaha Kepariwisataan dalam upaya meningkatkan layanan dan akses pariwisata di Kabupaten Siak, Selasa (14/6).

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Maharatu tersebut, bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pelaku Usaha Pariwisata guna memanfaatkan teknologi informasi terkait digitalisasi.

Kabid Destinasi dan Industri Pariwisata Kab. Siak, Paula Chandra menyampaikan, bahwa di era Industri 4.0 saat ini Digitalisasi Usaha sangat diperlukan.

"Berbagai informasi tentang produk dan jasa harus bisa diakses oleh pengguna dengan menggunakan platform digital. Seperti halnya untuk memesan hotel atau membeli tiket tempat wisata, orang tidak harus datang dulu ke hotel tujuan atau lokasi wisata. Semua sudah bisa di lakukan secara online," kata Paula.

"Demikian juga dengan cara pembayaran, dimana wisatawan yg ingin berbelanja atau membayar makanan dan minuman di Restoran cafe atau pun rumah makan tidak perlu lagi membawa uang tunai cukup melakukan transaksi secara digital," timpalnya.

Maka dari itu, sangat lah penting bagi pemilik usaha dan pengelola untuk memahami perubahan prilaku konsumen saat ini yang sudah beralih dari sistem konvensional ke sistem digital.

Terpisah, Kepala Cabang Bank Riau Kepri dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Bank Riau Kepri akan memberikan dukungan penuh kepada para pelaku usaha khususnya pariwisata di kabupaten siak untuk bisa mendigitalisasi cara pembayaran di tempat usaha mereka.

Lewat QRIS, Bank Riau Kepri bisa menjadi layanan non tunai yang sudah bisa di terapkan oleh pelaku usaha di Kabupaten Siak.

Bupati Siak dalam hal ini diwakili Plt. Kepala Dinas Pariwisata Siak, Djumanotiyas, S.sos., M.Si menyampaikan, bahwa Pemerintah Kabuptaen Siak saat ini terus berupaya untuk meningkatkan kunjungan wisata di Kabupaten Siak dengan berbagai cara.

Diantaranya dengan membangun spot-spot wisata baru yang nanti bisa menjadi daya tarik wisata baru yang ada di Kota Istana.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PT Arara Abadi Diduga Serobot Kebun Masyarakat

Rabu, 15 Juni 2022 | 22:43 WIB
X