Selain Uang, Mantan Lurah Tirta Siak Diduga Minta Bagian Tanah dalam Pengurusan Surat

- Senin, 13 Juni 2022 | 16:54 WIB
Saksi Juli Pranata saat memberikan keterangan di ruang sidang (Dodi/HRC)
Saksi Juli Pranata saat memberikan keterangan di ruang sidang (Dodi/HRC)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Selain meminta sejumlah uang untuk pengurusan surat tanah, Aris Nardi saat menjabat Lurah Tirta Siak, Kecamatan Payung Sekaki, Pekanbaru itu juga meminta bagian tanah kepada Juli Pranata. Tidak terima perbuatan Aris Nardi tersebut, Juli kemudian melaporkan Aris Nardi ke pihak kepolisian.

Belakangan kasus tersebut bergulir di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru. Adapun agenda sidang adalah pemeriksaan saksi-saksi.

Pada sidang yang digelar Senin (13/6), Jaksa Penuntut Umum (JPU), Wirman Jhoni Laflie menghadirkan dua orang saksi. Mereka adalah Juli Pranata selaku saksi korban, dan seorang wanita bernama Junaida alias Cece. Nama yang disebutkan terakhir diketahui merupakan perantara antara korban dan terdakwa.

Dalam keterangannya, Juli mengaku dimintai uang sebesar Rp3,5 juta dalam pengurusan surat tanah milik keluarganya. Yang mana, awalnya dirinya diminta Rp5 juta.

"Uang itu (Rp3,5 juta, red) saya serahkan ke Cece. Cece ini kenal sama keluarga saya. Jadi runding dia (Cece, red) sama Pak Lurah (Aris Nardi). Itu ditelpon negonya, didepan saya. Setelah nego, dikembalikan Rp500 ribu ke saya (oleh Cece)," ujar Juli di hadapan majelis hakim yang diketuai Dahlan.

Baca Juga: Dituding Rekayasa Piutang Pajak, Ini Penjelasan Kepala Bapenda Pekanbaru

Diterangkannya, Cece merupakan tetangga Aris Nardi. Mengenai pengurusan surat tanahnya tersebut, Juli mengaku diarahkan Aris Nardi ke Cece.

"Cece ini bukan orang kantor Lurah, tapi dia tetangga Pak Lurah. Kalau surat menyurat, saya diarahkan pak Lurah ke Cece," sebut Juli.

Dalam persidangan itu, majelis hakim menanyakan terkait permintaan uang tersebut kepada saksi Juli. Menurut Juli, adanya permintaan uang tersebut merupakan inisiatif dari Aris Nardi.

"Inisiatif uang itu dari pak Lurah. Komunikasi by phone," terangnya.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

6 Personel Polda Riau Raih Penghargaan Medali PBB

Kamis, 18 Agustus 2022 | 19:21 WIB

Kota Pekanbaru Masuk Penilaian Adipura 2022

Rabu, 17 Agustus 2022 | 16:01 WIB
X