Pastikan Keamana Lingkungan, Lapas Bangkinang Kembali Bangun Kolom Pengelolaan Air Limbah Mandi WBP

- Senin, 13 Juni 2022 | 16:19 WIB
Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Bangkinang, Sutarno tinjau pembangunaan IPAL (Amri/HRC)
Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Bangkinang, Sutarno tinjau pembangunaan IPAL (Amri/HRC)

HALUANRIAU.CO, KAMPAR - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bangkinang kembali membuat kolam limbah buangan air mandi warga binaan. Sebelumnya pihak lapas juga telah membuat kolam pengolaan air limbah tersebut menggugunakan metode tiga kali penyaringan atau Filter.

Hal ini berfungsi sebagai filter yang dapat mengurangi timbulnya kerusakan lingkungan atau turunnya kualitas air tanah yang dipergunakan oleh masyarakat disekitar Lapas. Selain itu juga untuk mencegah terjadinya pencemaran yang di akibat oleh air limbah mandi warga binaan.

Kalapas Kelas IIA Bangkinang, Sutarno mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar untuk pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) agar masyarakat disekitar Lapas tidak merasakan dampak dari pembuangan air limbah yang berasal dari buangan air mandi wargabinaan Lapas Bangkinang.

“Pada bulan Februari lalu, kami telah membuat kolam pengolahan air limbah sebagai antisipasi awal menunggu konfirmasi dan tindaklanjut pembuatan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dari pihak Pemerintah Kabupaten Kampar,” kata Kalapas Bangkinang saat meninjau progres pembangunan IPAL, Senin (13/6).

Baca Juga: Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Lancang Kuning 2022, Bustami: Patuhi Aturan Berkendara

Sutarno menjelaskan kolam pengolahan air Limbah sementara ini dilengkapi tiga kali penyaringan dengan tujuan agar air limbah yang berasal dari buangan air mandi wargabinaan Lapas Bangkinang dapat tersaring dengan baik.

Ia menyebut, pihaknya kembali menambah kolam penampungan sebagai antisipasi kebocoran filter yang telah tersedia pada kolam Pengolahan Air Limbah sebelumnya. Dalam pengerjaan kolam ini, pihak lapas mendatangkan alat berat untuk kelancaran proses penggalian pembangunan kolam filter limbahan tersebut.

“Untuk menambah proses penyaringan yang lebih baik, kami kembali membuat kolam penampungan untuk pegolahan air limbah warga binaan. Setelah kolam ini selesai, kami berharap dapat menghasilkan kualitas air yang lebih baik sehingga tidak terjadi pencemaran pada lingkungan masyarakat,” ujar Sutarno.

Upaya dalam pengolahan air limbah ini merupakan wujud nyata keseriusan Lapas Bangkinang dalam meningkatkan layanan kepada masyarakat.

Dimana pihak lapas tidak hanya memperhatikan fasilitas layanan yang ada di dalam perkantoran saja. Namun pihak lapas Bangkinang juga peduli terhadap lingkungan sekitar yang menjadi area tempat tinggal masyarakat.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lapas Bangkinang Terima 12 Orang Tahanan Baru

Kamis, 28 Juli 2022 | 17:47 WIB

Dinkes: Kabupaten Kampar Nol Kasus Covid-19

Selasa, 19 Juli 2022 | 17:41 WIB
X