Kades Alahair timur Kangkangi Surat Perintah P3D dari Camat Tebing Tinggi

- Jumat, 10 Juni 2022 | 19:44 WIB
 (Nurokhim/HRC)
(Nurokhim/HRC)

HALUANRIAU.CO, MERANTI - Berdasarkan surat perintah Camat tentang perihal Pembinaan Penyelenggaraan Pemerintah Desa (P3D), nomor 412.5/KEC.TT/IV/2022/239, dimana diduga Kepala Desa Alahair Timur, Waluyo mengkangkangi atau tidak mengindahkan surat dari pihak Kecamatan yang ditanda tangani oleh Camat Husni Mubarak,S.Ag., M.Pd.I.

Menurut isi surat tersebut yang mana tentang pengaktifan kembali perangkat desa atas nama Alfiah dan Narsun karena berdasarkan Permendagri Nomor 83 Tahun 2015 sebagaimana telah diubah dengan Permendagri nomor 67 Tahun 2017 Tentang Pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa pasal 5 ayat 2 yaitu perangkat desa diberhentikan karena alasan sebagai berikut:

  • Meninggal Dunia;
  • Permintaan sendiri;
  • Diberhentikan karena usia telah genap 60 tahun,
  • Dinyatakan sebagai terpidana yang diancam dengan pidana penjara paling singkat 5 tahun;
  • Dan tidak lagi memenuhi persyaratan sebagai perangkat desa.

Camat Tebing tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti, Husni mubarak,Sag. M.pd.I ketika dikonfirmasi diruang kerjanya, Jumat(10/06/2022) mengatakan sudah dapat kabar berita dan sudah melakukan pemanggilan satu persatu tentang kronologis titik permasalahannya.

"Dalam waktu dekat akan diadakan mediasi yang direncanakan hari Senin (13/06/2022), dikantor Kecamatan Tebing Tinggi,rencananya akan diundang pihak dari tokoh masyarakat kurang lebih 10 orang yang pro dan kontra, pihak dari PMD," terangnya.

Baca Juga: Pegadaian Mengetuk Pintu Langit di Bulan Juni

Husni Mubarak juga tidak dapat memberikan rekomendasi takut terjadi kesalahan dan diperkarakan, kalau bisa dimediasi kenapa harus tidak.

Sementara perangkat Desa Alahair Timur yang merasa dirugikan Alfiah mengungkapkan bahwa dirinya pada hari Senin (18/04/2022) setelah diberitahu Sekdes Edi kurniawan bahwa ada surat masuk dari Camat perihal pembinaan penyelenggaran pemerintahan desa dan pengaktifan kembali Alfiah sebagai kasi pelayanan dan narsun sebagai kaur perencanaan tetapi Alfiah tidak dapat tembusannya,maka dia datang ke kantor Kecamatan untuk mengambil SK .

Setelah dapat surat tembusan Alfiah masuk kantor desa pada hari selasa ( 19/04/2022) pukul 08.30 WIB dan menghadap Kepala Desa, Waluyo diruang kerjanya untuk menyampaikan bahwa alfiah dapat surat dari camat untuk aktif kembali dikantor desa, tapi apa jawaban Waluyo tidak sesuai yang diharapkan.

"Kalau camat yang nyuruh kerja,kerjalah sama camat, apa nyaman kerja sama saya dan kalau tak senang lapor saja ke PTUN," keluh Alfiah.

Dan setelah ditolak kades untuk aktif kembali di Kantor Desa Alahair Timur, Alfiah langsung ke kantor kecamatan lagi untuk melaporkan kronologi kejadian.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X