Wakajati Riau Tinjau Persiapan Launching Rumah Restorative Justice Seiya Sekata di Pelalawan

- Rabu, 8 Juni 2022 | 17:12 WIB
Didampingi Kajari Silpia Rosalina dan Kasi Intelijen FA Huzni, Wakajati Riau meninjau persiapan launching Rumah Restorative Justice di Pelalawan (Dodi/HRC)
Didampingi Kajari Silpia Rosalina dan Kasi Intelijen FA Huzni, Wakajati Riau meninjau persiapan launching Rumah Restorative Justice di Pelalawan (Dodi/HRC)

HALUANRIAU.CO, PELALAWAN - Tak lama lagi, Kabupaten Pelalawan akan memiliki Rumah Restorative Justice. Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Akmal Abbas mendatangi Negeri Seiya Sekata itu untuk melakukan peninjauan guna memastikan persiapan sebelum Rumah Restorative itu resmi digunakan.

Adapun Rumah Restorative Justice yang dikunjungi itu beralamat di Jalan Hangtuah SP-6, Desa Makmur, Pangkalan Kerinci, Pelalawan. Saat itu, Wakajati didampingi Koordinator pada bidang Pidana Umum (Pidum) dan Asisten Pidum Kejati Riau, Martinus Hasibuan.

Kedatangan Wakajati dan rombongan disambut langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pelalawan, Silpia Rosalina. Turut hadir dalam kegiatan itu, Unsur Pimpinan Kecamatan Pangkalan Kerinci dan pemerintah daerah setempat.

"Rumah Restorative yang ditinjau Pak Wakajati bernama Rumah Restorative Seiya Sekata," ujar Kajari Pelalawan Silpia Rosalina melalui Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Fusthathul Amul Huzni, Rabu (8/6).

Dikatakan FA Huzni, kedatangan Wakajati dalam rangka peninjauan persiapan peresmian Rumah Restoratif di Pelalawan. Direncanakan, Rumah Restorative Justice Seiya Sekata akan dilaunching dalam waktu dekat.

Baca Juga: Dituding Caplok Lahan Warga, PT Inti Indosawit Subur Beri Jawaban

"Saat ini, kita (Kejari Pelalawan, red) dalam tahap mempersiapkan (untuk launching). Pak Wakajati melakukan peninjauan untuk melihat sejauh mana persiapan kita," sebut FA Huzni seraya mengatakan, untuk jadwal peresmian Rumah Restorative Justice Seiya Sekata, pihaknya menunggu arahan Pimpinan Kejati Riau.

"Tadi Pak Wakajati juga memberi arahan kepada pegawai Kejari Pelalawan Kepala agar selalu memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan maksimal serta dapat menjaga selalu kekompakan," pungkas Kasi Intel.

Restorative Justice merupakan salah satu konsep dalam peradilan pidana yang digunakan untuk menangani perkara pidana dengan mengintegrasikan pelaku dan korban atau masyarakat serta menjadikan pengadilan sebagai mediatornya.

Sedangkan Rumah Restoratif (Restorative Justice) merupakan kebijakan dari Kejaksaan Agung, yang berguna menjadi tempat untuk pengendalian suatu permasalahan pidana yang mempunyai kriteria tertentu pada masyarakat dengan perdamaian, sehingga masalah yang terjadi tidak perlu sampai ke pengadilan.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

HUT RI, Perusahaan Sawit Beri Kado untuk Pensiunan

Kamis, 18 Agustus 2022 | 13:34 WIB

Nekat, Maling Beraksi Siang Hari di Areal PT RAPP

Kamis, 4 Agustus 2022 | 12:17 WIB
X