Komitmen Perangi Narkoba, Pemkab Siak Akan Dirikan IPWL Bagi Korban Penyalahgunaan Narkotika

- Senin, 6 Juni 2022 | 16:07 WIB
Kadiskes Siak, dr. Tony Chandra bersama Staf BNN Prov Riau meninjau gedung IPWL di Puskesmas Perawang (Dolly/HRC)
Kadiskes Siak, dr. Tony Chandra bersama Staf BNN Prov Riau meninjau gedung IPWL di Puskesmas Perawang (Dolly/HRC)

HALUANRIAU.CO,SIAK - Pemerintah Kabupaten Siak melalui Dinas Kesehatan dalam waktu dekat akan meresmikan Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) bagi korban penyalah gunaan Narkotika.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Siak dr. Raja Tony Chandra yang didampingi Kepala Puskesmas Perawang dr. Nedra mengatakan kepada haluanriau.co, Senin (6/6), IPWL bagi korban penyalah gunaan Narkotika ini berada di Puskesmas Perawang, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak.

Yang mana IPWL Puskesmas Perawang ini nantinya dilengkapi dengan fasilitas rawat inap dengan sarana serta prasarana pendukung lainnya.

Semua sedang kita persiapkan, baik itu SDM maupun fasilitas pendukung, untuk saat ini kita sudah berkordinasi dan mendapatkan Bimtek dari BNN Provinsi Riau, beber dr. Tony.

Baca Juga: Dua Pekan Menjabat, Legislatif Sebut Jangan Terlalu Berekspektasi Terhadap Muflihun

Lebih jauh dr Tony menyampaikan, IPWL ini merupakan program Kemenkes RI, yang mana untuk di Provinsi Riau baru ada satu yakni di RSJ Tampan, Insya allah Siak yang kedua setelah RSJ Tampan, ulasnya.

Menurut dr. Tony, tidak semua pelaku penyalahgunaan narkotika harus dipidana, rehab melalui IPWL merupakan salah satu solusi sebagaimana program Jaksa Agung terkait penyelesaian masalah melalui Restoratife Justice (RJ).

"Kedepan, kita akan bekerjasama dengan pihak kepolisian dalam hal ini Polres Siak dan Kejaksaan negeri siak terkait pelaksanaan rehabilitasi pasien penyalah gunaan narkotika di Kabupaten Siak ini," sambungnya.

Masih kata dr.Tony, ini merupakan salah satu komitmen pemerintah Kabupaten Siak dalam memerangi Narkoba yang sudah masuk ke seluruh kalangan, mulai dari masyarakat awam hingga intelektual.

“Kita sangat prihatin dengan kondisi seperti sekarang ini. Semoga kedepan ini bisa menjadi solusi dalam menangani korban penyalah gunaan Narkotika," pungkasnya.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PT Arara Abadi Diduga Serobot Kebun Masyarakat

Rabu, 15 Juni 2022 | 22:43 WIB
X